Komunitas Lebah Resmikan Program CTB RIL di Tuban Selatan

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Komunitas Lebah hari ini meresmikan program Cerdas Tanpa Batas (CTB) yang direalisasikan dalam bentuk Rumah Ilmu Lebah (RIL) Lentera Simo, Kecamatan Soko, Sabtu (4/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Komunitas Lebah mengajak masyarakat umum yang ada di Desa Simo khususnya anak-anak untuk terampil dan meningkatkan semangat membaca sejak usia dini.

Hal itu dibuktikan dengan rentetan kegiatan, seperti bermain dan belajar bersama anak-anak usia SD kelas 1 dan 2 dengan kreasi boneka dari kaos kaki, giat kreativitas bagi anak SD kelas 3 hingga kelas 6 dengan kreasi batik jumputan, juga sesi parenting bagi orangtua kepada anak-anaknya.

Ketua Pelaksana program CTB Komunitas Lebah  Yulia Baso mengungkapkan, bahwa program ini merupakan salah satu program pendidikan dari Komunitas Lebah yang diadakan tiap tahun.

"Kita ngadain, mencari tempat yang sudah ada dan bisa dikembangkan menjadi rumah baca" ungkap Yulia Baso usai peresmian RIL Lentera di Desa Simo.

Ditambahkannya lagi, selain memfasilitasi upaya peningkatan literasi masyarakat desa setempat, pihaknya berharap agar koordinasi dan komunikasi terkait pengembangan RIL Lentera Simo bisa diaktifkan dengan baik.

"Sesuai dengan program Cerdas Tanpa Batas, anak-anak dan warga bisa terus menggali ilmu dari buku beserta kreasi yang kita ajarkan tadi. Buri-buru yang kita kasih bisa dimanfaatkan dengan baik," lengkapnya.

Ketua Umum Komunitas Lebah, Fifi Moestarika mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap anak-anak, warga setempat, pemuda, serta pemerintah Desa Simo yang turut mensukseskan program Komunitas Lebah. Yakni sesuai amanat Undang-Undang Dasar, supaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Alhamdulillah kegiatan Cerdas Tanpa Batas telah selesai dilaksanakan. Kami memberikan sekitar 1200 buku untuk RIL Lentera Simo. Kami titip, dan semua harus dibaca. Karena saya mau anak disini menjadi orang yang pintar, cerdas, dan berakhlak baik," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Simo Ahmad Hadi yang turut hadir dalam agenda peresmian RIL Lentera Simo bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, memberikan apresiasi atas program CTB yang menyasar desanya.

"Mewakili Desa Simo, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Komunitas Lebih yang sudah membantu dan memfasilitasi adanya RIL Lentera di Desa Simo ini. Semoga bisa bermanfaat, terus dikembangkan, dan bisa membuka cakrawala pendidikan," tutur Kades Simo mengapresiasi. [feb/ito]