Pelihara Aset Desa, Goa Ngerong Bakal Tingkatkan Sarpras

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai salah satu aset desa, Goa Ngerong yang ada di Desa/Kecamatan Rengel, bakal meningkatkan sejumlah sarana prasarana (Sarpras) pada program tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut dipaparkan oleh Zamroni selaku pengelola Wisata Goa Ngerong. Menimbang potensi alam yang diikuti oleh minat pengunjung dari tahun ke tahun selalu meningkat, bahkan dari hasil pendapatan wisata ini bisa menyumbang Pendapatan Desa Rengel hingga Rp100 juta lebih di tahun 2019 ini.

"Tahun 2020 nanti, ada peningkatan sarana. Seperti pembuatan musala, warung ataupun kios, dan rumah singgah bencana," beber Zamroni, Selasa (31/12/2019).

Selain itu, sistem pengelolaan dan pengerjaan program wisata Goa Ngerong tetap dalam kelola desa. Sebab, pengelolaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) baru akan dikukuhkan awal tahun 2020.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada pergantian tahun ini, pengelola melibatkan keamanan Linmas, Polsek, Koramil, Pokdarwis, dan pihak desa.

Data tahunan dari pengelola menyebutkan bahwa jumlah pengunjung per tahun 2019 ini mencapai 34.079 orang yang meliputi 25.142 pengunjung dewasa, dan 8.937 pengunjung anak. [feb/rom]