Tebing Nemplek, Pesona Berburu Keindahan Alam di Tuban

 

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain dikenal dengan sebutan Kota Bumi Wali, Kabupaten Tuban juga punya segudang panorama alam nan indah yang patut dikunjungi. Banyak spot lanskap terbentang di tempat terpencil, yang jarang sekali khalayak ramai tahu. Salah satunya di Tebing Nemplek.

Kawasan tebing yang terletak di Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan, yang berbatasan langsung dengan Desa  Ngandong ini menyuguhkan lanskap alam khas sunrise yang diselimuti kabut. Jika beruntung dan disupport cuaca yang mendukung,  gulungan awan bak ombak menari diatas dataran tinggi bukit Nemplek bisa kita saksikan dengan indahnya.

"Ini baru pertama kali datang ke sini. Tempatnya lumayan bagus," papar Thoriq, salah satu pengunjung yang datang dari wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Minggu (29/12/2019).

Datang dan bermalam bersama 5 kawannya, Thoriq mengaku ingin refreshing juga berkemah ria di Tebing Nemplek yang diketahui informasinya sebagai referensi wisata alam nan masih perawan yang patut dikunjungi di area lokal Tuban.

"Ya recomended kalau mau bermalam, camping, atau mencari spot pemandangan alam di sini," lengkapnya.

Sementara itu, dari penuturan warga setempat mengaku jika sudah banyak muda-mudi maupun rombongan yang berkunjung di area Tebing Nemplek. Banyaknya pengunjung dari dalam maupun luar daerah Kabupaten Tuban, disambut hangat oleh warga sekitar. Mereka tak keberatan jika lingkungannya dikunjungi pendatang manca daerah.

"Sudah banyak pengunjung yang datang dan camping di sini Mas. Seperti ada yang dari Bojonegoro, Gresik, dan daerah Tuban sekitar sini. Menurut kita ya bagus karena untuk menunjukan potensi desa, asal tetap jaga lingkungan saja," kata Giman, penduduk setempat kepada blokTuban.com.

Untuk dapat mencapai lokasi tebing Nemplek, pengunjung direkomendasikan agar lewat jalur Rengel, arah Ngandong-Grabagan karena lebih mudah dijangkau. Bisa menggunakan kendaraan roda empat, namun lebih mudah jika diakses dengan kendaraan roda dua.

Meskipun medan cukup berliku, turun naik, serta tak mudah untuk diakses kendaraan roda dua, namun spot ini bakal membayar lengkap hasil perjalanan anda. Sunrise atau matahari terbit bisa disaksikan dengan indah sekitar pukul 06.00 hingga 07.00 pagi dengan cuaca yang sedang. [feb/col]