Wayahe..,Warga Montong Berburu Enthung Jati

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan warga di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mulai berburu Entung Jati, Minggu (29/12/2019). Potret mencari Enthung Jati tersebut nampak di beberapa hutan jati di wilayah setempat. Seperti di Desa Maindu, Jetak, Tanggulangin dan beberapa desa lainnya.

Patauan blokTuban.com, mereka datang ke hutan jati untuk berburu Enthung Jati mulai sejak pagi hari hingga siang hari. Selanjutnya, mereka kembali berburu Enthung Jati dilahan persil pada sore hari.

Salah satu warga Desa Maindu, Basimah (50) mengatakan, baru kali ini ikut berburu Entung Jati. Sebelum musim Entung Jati dia biasanya melakukan aktifitas bertani sekaligus mencari rumput untuk pakan hewan ternaknya.

"Baru kali ini ikut mencari Enthung," kata Basimah kepada blokTuban.com.

Basimah menambahkan, jika hasil berburu Enthung ini nantinya akan di masak sendiri untuk menjadi lauk makan. "Cuma sedikit, nanti dimasak sendiri," imbuhnya sambil mencari Enthung Jati.

Sementara itu, warga lain asal Desa Maindu Pak Man mengaku sudah beberapa kali ikut berburu Enthung Jati bersama puluhan warga yang lain. Untuk hasilnya nanti, Enthung-enthung tersebut akan dikonsumsi sendiri sebagai lauk nasi.

"Ini nanti dimasak sendiri mas hasilnya, karena memang cuma sedikit," pungkas Pak Man. 

Dia juga mengungkapkan, jika rasa kulier Enthung Jati ini enak jika diolah dengan digoreng. Terlebih masakan Enthung Jati ini dimakan dengan nasi hangat.[hud/dy]