07:00 . 5 Cara Atasi Keringat Berlebih pada Area Ketiak   |   22:00 . Fokus Bekerja Profesional, PPDI Tuban Komitmen Berdayakan Potensi Desa   |   21:00 . 450 Hafizah Silaturahmi dan Deklarasi JMQH Kabupaten Tuban   |   20:00 . Kuatkan Sinergitas, Criminal Justice System Tuban Gelar Pertemuan   |   19:00 . Kades Sokosari: Padahal Embung Sudah Dipagari   |   18:00 . Ketua Arus Bawah Jokowi Tuban Jadi Warga Kehormatan Gerindra   |   17:00 . Perdana, Proses Pengajuan PI Blok Tuban Baru 25 Persen   |   16:00 . Izin Pentawira dan Holcim Habis Tahun Ini, Total Ada 36 Tambang Legal   |   15:00 . "Akal-akalan" Izin Tambang Terungkap Lewat GPS   |   14:00 . Sidak Tambang Ilegal, Petugas Tak Bisa Sita Alat Berat   |   13:00 . Temukan Pisau Didekat Mayat Korban, Polisi Masih Lakukan Pengembangan   |   12:00 . Ijin Pulang Habis Olahraga, Siswa Ini Tenggelam di Embung   |   08:00 . Warga Montong Ditemukan Meninggal dengan Luka Sayatan   |   07:00 . Zodiak yang Beruntung Dalam Percintaan karena Sikap Tulusnya   |   16:00 . Sebuah Mobil Tabrak Dua Sepeda Motor yang Sedang Berhenti   |  
Tue, 28 January 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 28 December 2019 15:00

Bukan Listrik PLN, Lampu Stadion Bumi Wali Andalkan Genset dari Gresik

Bukan Listrik PLN, Lampu Stadion Bumi Wali Andalkan Genset dari Gresik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban harus mendatangkan genset dari Gresik dalam uji coba 104 buah lampu berlisensi Jerman di Stadion Bumi Wali Tuban (SBWT).

Karena cadangan daya di PLN Tuban hanya sekitar 190 KIlo Volt Ampere (KVA). Sedangkan lampu utama lapangam stadion membutuhkan minimal 250 KVA.

"Dengan kebutuhan sebesar itu, maka kami usul untuk disiapkan daya 350 KVA," ujar Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Zaenal Maftuchin saat ditemui reporter blokTuban.com di komplek SBWT, Sabtu (28/12/2019).

Hitung-hitungan biaya, Zaen mengaku lebih hemat dan efektif mendatangkan genset. Karena jika bekerjasama dengan PLN, harus menambah daya dari Bojonegoro dan itu membutuhkan kabel yang harganya tidak murah.

Sementara untuk penggunaan genset sendiri, telah diatur skema penghematan BBM. Ada lima tahap penyalaan lampu, tahap penonton masuk stadion, pemain pemanasan, hingga inti pertandingan.

"Kemarin dalam tiga jam saja habis BBM dua drum untuk uji coba lampu 104 buah," terang Zaen biasa disapa.

Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban ini menambahkan, meski belum semua lampu terpasang, tapi final Bupati Cup 2019 nanti malam tetap bisa digelar.

Karena lampu berlisensi Jerman ini, sudah melampaui standart PT. LIB 800 lux dan sedang menuju kelas internasional dengan 1.200 lux.

Disinggung soal masa depan SBWT dengan merosotnya kesebelasan Persatu di Liga 3, Zaen bakal menangkap peluang olahraga yang membutuhkan sport center unggulan.

Selain sepakbola dan atletik, kedepannya SBWT didesain memiliki kolam renang dan tempat latihan cabang olahraga lainnya.

"SBWT bisa dipakai Timnas, maupun Persela jika butuh dua stadion di waktu yang sama," terangnya.

Diketahui, setiap buah lampu berkapasitas 1000 watt ini dianggarakan di P-APBD 2019 sebesar Rp11,9 miliar. Sedangkan untuk yang pintu, jendela, dan paving menelan anggaran Rp3,8 miliar. [ali/dy]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sport, stadion, sbwt



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more