15:00 . Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus   |   08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bukan Listrik PLN, Lampu Stadion Bumi Wali Andalkan Genset dari Gresik

bloktuban.com | Saturday, 28 December 2019 15:00

Bukan Listrik PLN, Lampu Stadion Bumi Wali Andalkan Genset dari Gresik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban harus mendatangkan genset dari Gresik dalam uji coba 104 buah lampu berlisensi Jerman di Stadion Bumi Wali Tuban (SBWT).

Karena cadangan daya di PLN Tuban hanya sekitar 190 KIlo Volt Ampere (KVA). Sedangkan lampu utama lapangam stadion membutuhkan minimal 250 KVA.

"Dengan kebutuhan sebesar itu, maka kami usul untuk disiapkan daya 350 KVA," ujar Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Zaenal Maftuchin saat ditemui reporter blokTuban.com di komplek SBWT, Sabtu (28/12/2019).

Hitung-hitungan biaya, Zaen mengaku lebih hemat dan efektif mendatangkan genset. Karena jika bekerjasama dengan PLN, harus menambah daya dari Bojonegoro dan itu membutuhkan kabel yang harganya tidak murah.

Sementara untuk penggunaan genset sendiri, telah diatur skema penghematan BBM. Ada lima tahap penyalaan lampu, tahap penonton masuk stadion, pemain pemanasan, hingga inti pertandingan.

"Kemarin dalam tiga jam saja habis BBM dua drum untuk uji coba lampu 104 buah," terang Zaen biasa disapa.

Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban ini menambahkan, meski belum semua lampu terpasang, tapi final Bupati Cup 2019 nanti malam tetap bisa digelar.

Karena lampu berlisensi Jerman ini, sudah melampaui standart PT. LIB 800 lux dan sedang menuju kelas internasional dengan 1.200 lux.

Disinggung soal masa depan SBWT dengan merosotnya kesebelasan Persatu di Liga 3, Zaen bakal menangkap peluang olahraga yang membutuhkan sport center unggulan.

Selain sepakbola dan atletik, kedepannya SBWT didesain memiliki kolam renang dan tempat latihan cabang olahraga lainnya.

"SBWT bisa dipakai Timnas, maupun Persela jika butuh dua stadion di waktu yang sama," terangnya.

Diketahui, setiap buah lampu berkapasitas 1000 watt ini dianggarakan di P-APBD 2019 sebesar Rp11,9 miliar. Sedangkan untuk yang pintu, jendela, dan paving menelan anggaran Rp3,8 miliar. [ali/dy]

Tag : sport, stadion, sbwt



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more