18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   12:00 . Bupati Huda Uji Coba MPP dan Launching ADM   |   11:00 . JaDI Resmi Daftar Pemantau Pemilu di KPU Tuban   |   09:00 . Bupati Tuban Resmikan Pasar Rakyat Kenduruan   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 27 December 2019 10:00

Warga Karangagung Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik

Warga Karangagung Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Sekitar 150 masyarakat Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, mengikuti kegiatan “Ayo Kelola dan Kurangi Sampah Plastik” didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan mitra Lembaga Pengembangan Teknologi Perdesaan (LPTP), Kamis (26/12/2019).

Kegiatan yang bertujuan mengedukasi generasi muda untuk peduli lingkungan lewat pengelolaan sampah ini turut dihadiri oleh Kabid Kemitraan Konservasi dan Peningkatan Kapasitas, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tuban, Aizah Tisinawati, serta Kepala Desa Karangagung, Aji Wiyoto.

“Kami sangat mengapresiasi program pengelolaan sampah di Desa Karangagung, itulah mengapa Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan penghargaan di bidang pelestarian lingkungan untuk EMCL pada ‘CSR Award Kabupaten Tuban’ tahun 2019”, ujar Aizah.

Sebagai upaya peningkatan kualitas sanitasi melalui pengelolaan sampah di Desa Karangagung, EMCL atas persetujuan SKK Migas, membentuk sekolah lapang pengelolaan sampah sejak tahun 2017.40 orang kader lingkungan dan 5 Bank Sampah telah terbentuk dari program ini, yang berada dibawah naungan Pusat Pelayanan dan Pengelolaan Sampah Terpadu (P3ST) Bestari sebagai bagian usaha pengelolaan sampah secara swadaya oleh masyarakat.

Aji Wiyoto, Kades Karangagung turut menyampaikan apresiasinya. “Kami berterimakasih kepada EMCL yang telah melaksanakan program pengelolaan sampah di desa kami sejak 3 tahun terakhir," ujarnya.

Sejak 2017, kegiatan pengelolaan sampah telah digalakkan di Desa Karangagung, untuk mengurangi tumpukan sampah yang dapat mengganggu ekosistem laut – dikarenakan desa ini bertempat di wilayah pesisir.

Sementara itu, Rifqi Romadhon, perwakilan EMCL menyatakan bahwa pihaknya optimis akan keberlanjutan upaya pengelolaan sampah di Desa Karangagung.

“Sebagai operator Lapangan Banyu Urip, yang wilayah operasi nya mencakup Kabupaten Tuban, kami berkomitmen terhadap pengembangan masyarakat dalam pilar kesehatan dan ekonomi,” ujar Rifqi. “Program pengelolaan sampah telah berjalan baik dengan dukungan masyarakat Karangagung dan semoga perekonomian dapat terbantu lewat adanya bank sampah selain membantu kelestarian dan kebersihan lingkungan,” tutupnya. [col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Emcl, sampah, pengelolaan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more