18:00 . 200 Pekerja SG Ikuti Vaksinasi Tahap II Kodim 0811   |   17:00 . Kantor Dinas Tenaga Kerja Tuban Disegel Buruh   |   16:00 . Dua Rumah di Trantang Terbakar, Kerugian Capai 100 Juta Lebih   |   15:00 . BAZNAS Bantu Motor Warga Miskin Kembangkan Usahanya   |   12:00 . Kantor Dinas PMPTSP dan Naker Tuban Disegel Buruh   |   07:00 . WHO Sebut ASI Jadi Vaksin Pertama Bayi Lawan Segala Infeksi Penyakit   |   19:00 . Terdengar Ledakan, Bengkel dan Kandang Sapi di Jenu Terbakar   |   12:00 . Kemenag Tuban Luncurkan Kartu Nikah Digital, Ini Cara Mendapatkannya   |   11:00 . Pelajar SMP Ketawa Setelah Divaksin   |   10:00 . Warga Singgahan Terima BST Rp454.800.000   |   09:00 . Jangan Lengah Saat Ambil BST   |   08:00 . Omzet Turun Saat PPKM Darurat, Pedagang Angkringan Kurangi Karyawan   |   16:00 . Kayu Material Proyek Hotel Terbakar   |   12:00 . Bupati Temukan KPM Diberi Kerupuk, Mie Instan dan Minyak Goreng   |   09:00 . Harga Telur Ayam Ras Merangkak Naik   |  
Wed, 04 August 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Karangagung Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik

bloktuban.com | Friday, 27 December 2019 10:00

Warga Karangagung Peduli Lingkungan, Olah Sampah Plastik

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Sekitar 150 masyarakat Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, mengikuti kegiatan “Ayo Kelola dan Kurangi Sampah Plastik” didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan mitra Lembaga Pengembangan Teknologi Perdesaan (LPTP), Kamis (26/12/2019).

Kegiatan yang bertujuan mengedukasi generasi muda untuk peduli lingkungan lewat pengelolaan sampah ini turut dihadiri oleh Kabid Kemitraan Konservasi dan Peningkatan Kapasitas, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tuban, Aizah Tisinawati, serta Kepala Desa Karangagung, Aji Wiyoto.

“Kami sangat mengapresiasi program pengelolaan sampah di Desa Karangagung, itulah mengapa Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan penghargaan di bidang pelestarian lingkungan untuk EMCL pada ‘CSR Award Kabupaten Tuban’ tahun 2019”, ujar Aizah.

Sebagai upaya peningkatan kualitas sanitasi melalui pengelolaan sampah di Desa Karangagung, EMCL atas persetujuan SKK Migas, membentuk sekolah lapang pengelolaan sampah sejak tahun 2017.40 orang kader lingkungan dan 5 Bank Sampah telah terbentuk dari program ini, yang berada dibawah naungan Pusat Pelayanan dan Pengelolaan Sampah Terpadu (P3ST) Bestari sebagai bagian usaha pengelolaan sampah secara swadaya oleh masyarakat.

Aji Wiyoto, Kades Karangagung turut menyampaikan apresiasinya. “Kami berterimakasih kepada EMCL yang telah melaksanakan program pengelolaan sampah di desa kami sejak 3 tahun terakhir," ujarnya.

Sejak 2017, kegiatan pengelolaan sampah telah digalakkan di Desa Karangagung, untuk mengurangi tumpukan sampah yang dapat mengganggu ekosistem laut – dikarenakan desa ini bertempat di wilayah pesisir.

Sementara itu, Rifqi Romadhon, perwakilan EMCL menyatakan bahwa pihaknya optimis akan keberlanjutan upaya pengelolaan sampah di Desa Karangagung.

“Sebagai operator Lapangan Banyu Urip, yang wilayah operasi nya mencakup Kabupaten Tuban, kami berkomitmen terhadap pengembangan masyarakat dalam pilar kesehatan dan ekonomi,” ujar Rifqi. “Program pengelolaan sampah telah berjalan baik dengan dukungan masyarakat Karangagung dan semoga perekonomian dapat terbantu lewat adanya bank sampah selain membantu kelestarian dan kebersihan lingkungan,” tutupnya. [col]

Tag : Emcl, sampah, pengelolaan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat