Senam Bareng Lansia, Sekda Minta Formi Akomodir Olahraga di Luar KONI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana bersama ratusan lansia dan pegawai Pemkab Tuban senam bersama di kompleks Tuban Sport Center, Gedongombo, Semanding, Jumat (27/12/2019).

Kegiatan yang diadakan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban ini juga diikuti pimpinan OPD Tuban, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Tuban, dan sejumlah kelompok senam.

Dalam sambutannya, Sekda Tuban menyampaikan Senam Lansia kali menjadi wujud sinergitas berbagai instansi. Kolaborasi ini dapatnya terus ditingkatkan di berbagai jenis kegiatan lainnya.

Kehadiran lansia yang semangat berkegiatan dapat menjadi teladan bagi pegawai Pemkab Tuban.

 

Sekda Tuban menerangkan keberadaan FORMI Tuban hendaknya mengakomodir kelompok olahraga non prestasi maupun olahraga di luar kewenangan KONI. Sehingga dapat semakin motivasi masyarakat untuk berolahraga.

Langkah tersebut sejalan dengan program Pemkab Tuban untuk meningkatkan kualitas SDM Bumi Wali, salah satunya dengan meningkatkan kualitas kesehatan. Kondisi yang sehat akan menciptakan masyarakat yang produktif dan inovatif.

Hal tersebut akan mendukung pembangunan Kabupaten Tuban.
Sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan kesehatan, Pemkab Tuban telah menyediakan sejumlah lokasi untuk berolahraga. Diantaranya Tuban Sport Center; GOR Rangga Jaya Anoraga; dan alun-alun Tuban.

"Tahun mendatang, Pemkab Tuban akan mengoptimalkan kegiatan Car Free Day (CFD)," terang Sekda Budi.

Kegiatan CFD akan dikolaborasikan dengan sejumlah kegiatan olahraga. FORMI Tuban dapatnya menjadwalkan kelompok senam maupun sekolah untuk berolahraga saat CFD.

Birokrat asal Nganjuk menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Tuban, Suwanto, dalam laporannya menyebutkan senam lansia tahun 2019 dimaksudkan untuk menjalin tali silahturrahmi antargenerasi.

"Kami juga memberi apresiasi atas sumbangsih lansia terhadap pembangunan di Kabupaten Tuban sesuai porsi masing-masing," tutupnya. [ali/ono]