18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   12:00 . Bupati Huda Uji Coba MPP dan Launching ADM   |   11:00 . JaDI Resmi Daftar Pemantau Pemilu di KPU Tuban   |   09:00 . Bupati Tuban Resmikan Pasar Rakyat Kenduruan   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 26 December 2019 13:00

Pakai Air, Cara Anggota Polsek Senori Ajak Anak-anak Lihat Gerhana

Pakai Air, Cara Anggota Polsek Senori Ajak Anak-anak Lihat Gerhana

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Anak-anak bersama anggota Kepolisian dari Polsek Senori, Polres Tuban menggunakan media tradisional agar dapat menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC), Kamis (26/12/2019). Mereka membawa bak air dari rumah kemudian di bawa ke bukit Gunung Gong Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Tuban.

M. Hariadi, salah satu anak yang ikut menyaksikan proses gerhana bulan mengatakan merasa penasaran. Sebab fenomena ini menurutnya langka. "Seneng banget, tadi bisa lihat gerhana pakai air," ujar anak yang duduk di bangku kelas satu SMP tersebut.

Melihat gerhana menggunakan media air yang ditaruh dalam ember besar, merupakan salah satu cara yang lazim digunakan anak-anak era 90-an. Bagi anak jaman sekarang seperti Hariadi, ini merupakan pengalaman dan pengetahuan yang baru. Cara inipun mengundang antusias beberapa anak yang langsung ikut tertarik bergabung. 

Sementara itu, Anggota Polsek Senori Brigadir Abdul Ghofur yang menemani anak-anak mengatakan, pihak Polsek menginisiasi kegiatan tersebut guna mendidik anak-anak untuk melihat gerhana secara aman. Selain itu juga untuk mendekatkan polisi dengan dunia anak.

"Kita ajak anak-anak untuk isi liburan dengan hal positif," ungkap Ghofur di lokasi. 

Petugas ramah inipun terlihat sesekali menjelaskan mengenai momen langka, dan juga mengajak anak bercanda. Kesan sangar yang biasanya melekat di seragam polisi pun akhirnya luntur.

Perlu diketahui, Biro Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Akhmad Taufan Maulana mengatakan GMC melewati 25 kota dan kabupaten di Indonesia. Agar aman, masyarakat disarankan tidak melihat secara langsung ke matahari. Untuk bisa menikmati fenomena langka ini harus menggunakan alat, baik tradisional maupun modern. [Rof/dy]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : air, lihat gerhana, gerhana



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more