07:00 . Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?   |   22:00 . Bupati Huda Serahkan Alsistan   |   21:00 . BMKG Rilis Peringatan Dini Jatim   |   20:00 . Semen dari Pabrik Tuban Bisa Dikirim Lewat Stasiun Babat   |   20:00 . Proyek Revamping dan Olefin TPPI Didukung Komisi VII DPR RI   |   19:00 . Adakan Sidang Isbat Nikah Massal, Ini Tujuan Bupati Huda   |   18:00 . Kapolres Tuban: Akhir Tahun Dipastikan Belum Bisa Dilalui Roda 4   |   17:00 . Serco Asia Pasifik Gandeng BUMD PT RSM Tandatangani Kerjasama Bangun RS Internasional di Tuban   |   16:00 . Kekeringan Teratasi, Panen jadi Lebih Cepat   |   15:00 . Terdakwa Kasus Penodaan Agama Islam di Group Facebook Jalani Sidang Online   |   14:00 . Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang   |   13:00 . Kapolres Cek Logistik Pilkada Tuban   |   09:00 . Disiplin Prokes Kurang Sebabkan Kasus Covid-19 Tuban Naik   |   08:00 . Diduga Ngantuk, Truk Trailer Tabrak Pagar dan Teras Warga   |   07:00 . Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya   |  
Fri, 27 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 24 December 2019 14:00

Isi Cuti Bersama dengan Panen Kerapu

Isi Cuti Bersama dengan Panen Kerapu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda memanen ikan kerapu macan milik kelompok budidaya ikan kerapu binaan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Tuban di Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Selasa (24/12/2019).

Bupati Tuban didampingi istri, Komandan Kodim 0811/Tuban, Kepala Diskanak Kabupaten Tuban, bersama-sama menaiki kapal untuk meninjau dan memanen ikan kerapu langsung dari keramba apung laut. Selanjutnya juga dilakukan penebaran benih di keramba apung lainnya.

Kegiatan panen ikan kerapu ini juga diikuti Kepala Diskominfo dan Kepala DPKP Kabupaten Tuban, Camat bersama Forkopimca Bancar, Pusat studi pesisir kelautan Universitas Brawijaya, anggota PKK Kabupaten Tuban, dan nelayan binaan Diskanak Kabupaten Tuban.

Bupati dua periode mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengetahui secara langsung hasil budidaya ikan kerapu dari sisi ekonomi. Sekaligus kontribusinya di masyarakat di Kabupaten Tuban.

"'Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama nelayan," tuturnya.

Bupati Huda menyatakan akan dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan budidaya ikan kerapu macan ini. Akan dihitung nilai ekonomisnya juga. Juga dipertimbangkan potensi dan keberlangsungan (sustainable) budidaya ikan kerapu macan itu sendiri.

Perlu diperhatikan pula terkait biaya produksi, total penjualan, dan omzet dari nelayan yang mengikuti program tersebut, sehingga dapat diketahui apakah program itu berhasil atau tidak.

"Jika memang memungkinkan, akan dikembangkan dengan 10 keramba sehingga dapat dilakukan panen setiap satu bulan sekali," imbuh Muhtasyar NU Tubanm

Sementara itu, Kepala Diskanak Tuban, M. Amenan menerangkan kegiatan panen ikan kerapu macan telah dilakukan sebanyak 4 kali, dengan bobot ikan sekitar 500-700 gram.

Untuk sekali panen kurang lebih 5-6 bulan, dengan menghitung harga jual ikan sebesar Rp 85 ribu per kilogram maka akan diperoleh pendapatan bersih sekitar 45 sampai 50 juta.

"Per bulan akan memperoleh pendapatan sekitar 9 juta. Dapat dikatakan budidaya ini sangat menguntungkan," jelasnya.

"Kelompok binaan Diskanak Tuban telah memiliki 5 keramba. Masing-masing keramba terdiri dari 8 kotak budidaya dengan sebaran benih sekitar 3.500 sampai 4.000 benih. Salah satunya adalah yang kita panen sekarang ini," ujarnya.

Usai memanen dan menebar benih ikan kerapu macan, Bupati Tuban bersama rombongan menyempatkan mengunjungi Sentono Water Park di desa Bancar. Objek wisata ini merupakan inovasi desa Bancar yang dikelola bersama warga desa. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Panen, ikan, bojonegoro



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more