18:00 . Bacabup dan Bacawabup AMAN Tandatangani Kontrak Jamiyah   |   17:00 . Dusun Makmur Nama Kontrak Politik Setia Negara   |   15:00 . Gubernur Khofifah Kucurkan Bantuan Rp1,524 M untuk Pemberdayaan Usaha Perempuan   |   13:00 . Hari Pertama Tes SKB CPNS di Tuban, Terapkan Protokol Kesehatan   |   12:00 . BST Tahap Enam, 30.820 KPM Dapat Rp300 Ribu   |   10:00 . Tertimpa Reruntuhan Besi Tower, Rumah Warga Panyuran Rusak   |   09:00 . Hipmi Dorong Pemerintah Beri Peluang Besar Pengusaha Lokal   |   08:00 . Gerindra Siap Kerahkan Kader Rebut Kemenangan Setia Negara   |   07:00 . Migrain, Apa Sih Ciri-Ciri dan Penyebabnya?   |   15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 21 December 2019 07:00

Parenting Islami: Cara Terbaik Menasihati Anak Menurut Surat Luqman

Parenting Islami: Cara Terbaik Menasihati Anak Menurut Surat Luqman

Reporter: -

blokTuban.com - Menasihati anak harus dilakukan dengan benar. Terkait hal itu, agama Islam juga mengaturnya di dalam Al-Quran, Moms. Dalam surat Luqman dijelaskan ada beberapa poin penting yang bisa dipetik orang tua saat menyampaikan nasihat pada anak.

"Kalau kita lihat dalam surat Luqman itu ada poin unsur parenting islaminya. Karena digambarkan dalam Al-Quran seorang Luqman itu memberikan nasihat kepada anaknya," ujar Ustaz Erick Yusuf kepada kumparanMOM, Senin (16/12).

Menurut Pimpinan Dakwah Kreatif iHAQi ini ternyata Surat Luqman ini tidak hanya menjelaskan nasihat apa yang sebaiknya diberikan pada anak, tetapi juga memberikan panduan bagi orang tua dalam menyampaikan nasihat pada anak.

"Kalau kita gali lebih jauh ternyata bukan soal menasihati saja. Ternyata ini memberikan nasihat dengan cara yang baik, memberikan poin-poin kebaikan dengan cara yang baik pula. Artinya sering kali kita dalam komunikasi itu miss karena kita tidak dorong dengan cara yang baik," kata Ustaz yang juga produser film 'Hayya: the Power of Love 2'.

Jangan menasihati anak saat orang tua dalam keadaan emosi, sebab kata Ustaz Erick Yusuf, tentu anak tidak akan menangkap pesan apa yang ingin disampaikan oleh orang tuanya. Artinya saat menasihati anak, usahakan Anda menyampaikan dengan cara yang baik pula, serta dengan rasa penuh kasih sayang.

"Harusnya pesannya bener dan caranya juga bener," katanya.

Selain itu, perhatikan pula momen atau waktu saat menyampaikan nasihat pada si kecil, Moms. Tentu tidak mungkin Anda menyampaikan pesan saat mood Anda atau si kecil sedang buruk. Tidak mungkin pula menasihati anak misalnya di depan khalayak umum yang bisa menjatuhkan harga diri anak.

"Kalau dikembangkan, itu juga bukan hanya memberikan nasihat dan cara nasihat yang baik, tetapi soal waktu yang tepat juga," jelas Ustaz Erick Yusuf.

Nah, untuk menerapkan nilai-nilai ini pada anak, menurut Ustaz Erick Yusuf, diperlukan kerja sama yang baik antara ibu dan ayah. Ayah berperan sebagai orang yang menanamkan nilai-nilai kebaikan pada si kecil. Sedangkan ibu berperan sebagai pengingat anak mengenai kebaikan yang telah ditanamkan oleh ayah, Moms.

"Intinya secara garis besar bagaimana faktor ayah yang memberikan pesan secara prinsip-prinsip. Jadi, ibu yang mengingatkan anak prinsip-prinsip yang ditanamkan oleh ayahnya," katanya.

Bila orang tua bisa menerapkan cara ini pada anak-anaknya, Ustaz Erick Yusuf yakin bahwa anak akan menerima dengan baik nasihat yang disampaikan oleh orang tuanya. Sehingga si kecil mudah menerapkan nilai-nilai kehidupan terbaik yang telah diberikan oleh ibu dan ayahnya.

"Yang saya angkat di sini adalah caranya bagaimana menanamkan kebaikan, komunikasi pembicara itu membekas masuk ke dalam hati anak. Cara Luqman bicara ke anaknya dan membekas pada anaknya," ujar Ustaz Erick sambil mengakhiri perbincangan.

Jadi, ada tiga hal yang bisa Anda petik dari Surat Luqman dalam menasihati anak menurut Ustaz Erick Yusuf, Moms. Pertama, adalah isinya atau kontennya. Kedua bagaimana cara menyampaikannya dengan rasa kasih sayang dan ketiga adalah momennya.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikanf, kesehatan, perenting islam



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more