3 Makanan Khas Tuban Ini Jadi Menu Makan Siang Jokowi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo bersama ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan benar-benar dinanti masyarakat setempat. Kali ini, Presiden ketujuh Indonesia singgah makan siang di Rumah Makan (RM) Kayu Manis Jalan Basuki Rahmat.

Ada yang berbeda dengan kunjungan Jokowi tahun 2017 silam. Di RM yang sama mantan Gubernur DKI ini, di dua tahun lalu menikmati menu khas Tuban yaitu nasi jagung dan belut.

Sedangkan untuk kunjungan ini, menu yang disiapkan yakni perpaduan menu tradisional dan china (nusantara food dan chinese food). Ada tiga menu makanan khas Tuban yang dihidangkan ke Presiden, yatu cumi hitam, kari rajungan, dan mangut ikan pe.

"Tidak ada menu pesanan dari Presiden Jokowi. Tiga menu itu yang kami sajikan," terang penanggungjawab di RM Kayu Manis Tuban, Pipit kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (21/12/2019).

Pipit menambahkan, total tamu yang makan siang bersama Jokowi ada 15 orang. Di sebelah kanan Presiden persis ada Menteri BUMN Erick Thohir dan dihadapan Jokowi ada Bupati Tuban, Fathul Huda.

"Ada dua pramusaji yang meladeni presiden yaitu Ama dan Prapto," terang perempuan ramah ini.

Rombongan tiba di RM Kayu Manis sekitar pukul 12.25 Wib dan meninggalkan lokasi RM sekitar pukul 13.19 Wib. Mereka langsung bertolak ke Kilang PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu.

Sebelum itu, Jokowi sempat membagikan buku kepada masyarakat dan anak-anak. [ali/dy]