17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |   15:00 . FPKB DPRD Kritik Kebijakan Bupati Pangkas Anggaran KONI   |   14:00 . Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban   |   13:00 . Anggaran KONI Dikepras, FPKB Teriak   |   12:00 . Ringankan Beban Warga, Lapas Salurkan 50 Paket Sembako   |   11:00 . Sidak Bansos, Bupati Sorot Kinerja Pendamping, Agen hingga Supplier   |   09:00 . Kapolda Jateng Ajak Warga Pergerakan Jalan Bareng   |  
Sat, 31 July 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Semen Indonesia Gelar Penganugerahan Juara Lomba Vlog

bloktuban.com | Wednesday, 18 December 2019 12:00

Semen Indonesia Gelar Penganugerahan Juara Lomba Vlog

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (tbk) Pabrik Tuban menggelar penganugerahan juara lomba Milenial Vlog, Rabu (18/12/2019). Acara digelar di Auditorium lantai dua PT Semen Indonesia, di Desa Sumberarum, Kecamatan Merakurak.

Acara dihadiri Sekda Budi Wiyana, pimpinan PT Semen Indonesia, Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur, Kepala Sekolah dan guru pendamping siswa peserta lomba.

Lomba Milenial Vlog tersebut diperuntukkan siswa SMA sederajat di Kabupaten Tuban. Yang merupakan kerjasama Semen Indonesia dengan Ranggalawe Press Solidarity (RPS) atau perkumpulan wartawan yang bertugas di Bumi Wali.

Sebelum digelar lomba ngevlog didahului dengan workshop literasi digital dan teknik pengambilan gambar serta editing video. Workshop yang dilakukan di lima sekolah secara bergantian.

Yakni SMAN 1 Tuban, SMKN 1 Tuban, SMAN 4 Tuban, SMAN 1 Kerek dan SMK Manbail Futuh Jenu. Pesertanya siswa perwakilan SMA sederajat se-Kabupaten Tuban.

Diharapkan, workshop tersebut menjadi modal para siswa untuk mengikuti lomba vlog. Sebab, semua teknik membuat video yang bagus sudah diberikan.  Juga rambu-rambu dan aturan mana yang tidak boleh dan mana yang boleh ditayangkan dalam video.

Senior Manajer Public Relation and CSR PT Semen Indonesia Setiawan Prasetyo mengapresiasi kegiatan Milenial Vlog Kontes tersebut.

"Terimakasih atas kerja keras dari RPS dan kerjasamanya. Semoga tahun depan bisa ditingkatkan lagi," harapnya.

Menurut dia, lomba yang didahului dengan pelatihan sangat bagus. Sebab, para sisqa dibekali dengan rambu-rambu bagaimana harus membuat vlog yang baik.

"Itu penting agar vlog yang dibuat sesuai dengan harapan dan tidak melanggar ketentuan," kata Iwan panggilan akrabnya.

Sementara, Sekda Tuban Budi Wiyana bangga dan mengapresiasi kegiatan ini. Karena vlog perpaduan teknologi yang luar biasa sehingga bisa menarik perhatian.

"Idenya ini luar biasa, karena video sangat menarik dan mudah difahami. Jadi bisa menjadi media untuk informasi yang sangat potensial" katanya.

Karena itu, Sekda juga ingin meniru ada kegiatan dengan ide-ide baru dan cerdas. Bukan hanya kegiatan yang monoton.

"Jadi jangan hanya gugur kewajiban. Asal ada kegiatan ya sudah. Tidak bisa seperti itu, tapi ada inovasi-inovasi," pesan Sekda.

Kolaborasi yang dilakukan PT Semen Indonesia dengan RPS ini bagus karena bisa mengikuti perkembangan jaman. Karena yang viral-viral itu berawal dari media-media sosial. Seperti vlog atau sejenisnya.

"Teknologi informasi seperti vlog ini manfaatnya sangat banyak. Kami berharap ada pembinaan dan pendampingan. Karena setelah kegiatan ini terjadi euforia ngevlog. Jangan sampai vlog digunakan untuk yang negatif," tandasnya.

Sedang Ketua RPS Khoirul Huda mengatakan, wartawan selama ini dinilai hanya bisa mengritik dan mencari kesalahan. Padahal, selain punya fungsi kontrol, juga punya fungsi untuk mendidik masyarakat.

"Dan kegiatan ini salah satu wujud dari fungsi pendidikan tersebut," ujarnya.

Dalam acara puncak Milenial Vlog Kontes tersebut, digelar talk show dengan mendatangkan narasumber Dimas Zainal youtuber asal Cepu, Blora ,Jawa Tengah.

Youtuber ini sudah punya subcriber 407 ribu. Arifin panggilan kesehatiannya berbagi tentang kiat dan bagaimana menarik subcriber dan membuat konten yang baik.

Salah satu kiat yang dia bagikan adalah agar tidak bosan untuk membuat konten yang menarik. Setelah punya chanel video rajin untuk mempromosikan,sehingga video yang dibuat lebih banyak dilihat dan disukai orang.

"Promosikan video itu di mana saja dan lakukan terus menerus, jangan bosan," ujarnya.

Arifin berpesan jika ingin memulai jangan mudah menyerah. Karena dia sudah mengalami sendiri proses tersebut.

"Hasilnya, saya sudah bisa membangun rumah untuk orangtua saya dari hasil menjadi youtuber," tandasnya.

Ada 190 peserta dengan 87 video yang ikut dalam lomba vlog ini. Penilaian dilakukan oleh oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional dan Dinas Kominfo. [ali/ito]

Berikut Juara dan Kategori Lomba Vlog :

Juara 1
Chanel : Sobat Ngluyur
Judul: Tanggung jawab kita terhadap lingkungan
Nama peserta: M. Teddy Renaldi, thirafi ilmam, Zulfikar tegar Firmansyah
Asal sekolah: SMA N 2 Tuban

Juara 2
Chanel : Wira Yudha
Judul: Mangrove Tuban
Nama peserta: Wira Yudha
Asal sekolah: SMA N 5 Tuban

Juara 3
Chanel: Sulthan Ri2qi
Judul: Bersama kita bangun Negeri
Nama peserta: sultan Rizki Ramadhan, m. Alfian arsyandi, Galih Stigi
Asal Sekolah: SMK N 1 Tuban

Terinspirasi
Chanel: Junaid m Zain
Judul: CSR Semen Indonesia untuk UMKM
Nama Peserta: Junaid Muhammad Zain
Asal sekolah: MA Alfalah Bangilan

Menghibur
Chanel: Adhika Rahmat
Judul: jangan buang sampah sembarangan
Nama peserta: m. Mahmuda Rizky Adhika Rahmat, Ahmad rifqi muhtarom

Terunik
Chanel: SMK technopreneurship muslimah Tuban
Judul: mirip mimpi menjaga kesehatan lingkungan
Nama peserta: INKA putri, alfina Auliya, Noah zuliatin
Asal sekolah: SMK technopreneurship muslimah Tuban

Terpopuler
Chanel: Nabil MM
Judul: Alam juga butuh perhatian
Nama peserta: M Nabil Minsas, Makarim m, Amirul Husaini
Asal sekolah: SMKN 1 Tuban

Tag : semen, indonesia, sumberarum, merakurak

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat