19:00 . Meski Harga Cabai Melonjak, Pemilik Warung Makan ini Tetap Patok Harga Normal   |   18:00 . Sederet Penerima Hibah Rp7,175 Miliar APBD Tuban tahun 2021   |   17:00 . Cerita Penyintas Covid-19: Rutin Donor Plasma Membuat Tubuh Semakin Sehat   |   16:00 . Pameran Virtual Bulan Maret Diikuti Pelukis dari Tapin Hingga Jambi   |   13:00 . Harga Cabai Melambung, Cabai Busuk Kering di Tuban Dijual Rp50 Ribu Perkilogra   |   12:00 . Setelah Nakes, Ulama jadi Prioritas Vaksinasi   |   07:00 . Selain Bau Mulut, Waspada 3 Masalah Kesehatan Ini Jika Malas Menyikat Gigi   |   19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Semen Indonesia Optimalkan Website Desa di Tuban

bloktuban.com | Monday, 16 December 2019 13:00

Semen Indonesia Optimalkan Website Desa di Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban melaksanakan Pelatihan Penulisan Pemberitaan dan Operator Website Desa di Gedung DPRD Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang rencananya akan dilakukan selama dua hari, yakni Hari Senin hingga Selasa tanggal 16-17 Desember 2019. Kegiatan dengan agenda pemberian pelatihan kepada operator website desa dan kecamatan ini adalah bagian dari ihtiyar pewarta di Tuban dan pihak perusahaan Semen Indonesia Pabrik Tuban untuk pengoptimalan website desa.  

Penting bagi perangkat desa untuk mengetahui dan mahir dalam mengoperasikan website desa. Sebab website merupakan salah satu fitur utama dari internet yang merupakan media penyebaran informasi, media interaksi secara online dan media untuk berbagi informasi secara realtime. Informasi pada website dapat disajikan dalam bentuk multimedia (teks, grafik, gambar, suara, dan video), sehingga memudahkan pengaksesnya untuk memahami informasi yang disampaikan.

Pelatihan ini selain memberikan pemahaman tentang bagaimana fungsi dan kegunaan website desa, juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website dengan tepat dan menarik. Bahkan bisa menyajikan informasi berita desa dengan baik dan benar.

Kompetensi yang diharapkan setelah melakukan pelatihan ini adalah peserta pelatihan menjadi mampu dan memiliki keahlian dalam mengoperasikan website desa. Serta mampu mengupload informasi tentang desa serta menyiarkan hasil program unggulan desa.

“Ini adalah bagian dari usaha Semen Indonesia bersama awak media di Tuban untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa yang menjadi operator website desa. Selain bisa menjalankan operasional pelayanan juga bisa memberikan informasi di desa, “ ujar Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda saat dikonfirmasi memberikan apresiasi yang luar biasa akan agenda rencana yang dilakukan Jurnalis Tuban dan Stakeholder dalam hal ini Semen Indonesia. Sebab dewasa ini masih awam tentang apa manfaat dan kegunaan website desa. Sehingga melalu ini, mampu membantu tujuan konsep keterbukaan informasi desa.

“Kita dorong dan kita bantu agar semua desa merasakan pelatihan ini. Sebab penting sekali ini. Kalau Informasi di desa itu bisa berjalan dengan baik, maka kinerja desa dan pemerintah, atau perusahaan bisa dicover dengan baik,” jelas Bupati.

Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo mengatakan, website desa harus lebih dioptimalkan lagi. Tidak hanya sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi desa.

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan desa juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Setiawan mengatakan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Desa dengan warga masyarakat. Misalnya, di dalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk Pemdes.

“Bisa juga didalam website itu diberi form-form administrasi kependudukan. Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” pungkasnya. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Se, website, desa



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more