Dishub Tuban: Maksimalkan Kinerja, Komitmen Berikan Kenyamanan Di Jalan

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban terus memaksimalkan kinerja dan berusaha program berjalan dengan baik. Salah satu diantaranya: memberikan sosialisasi lalu lintas bekerjasama dengan kepolisian lalu lintas setempat dengan sasaran berbagai kelompok masyarakat, operasi lalulintas dan angkutan jalan untuk kendaraan yang melakukan pelanggaran angkutan jalan, hingga melaksanakan kegiatan pelayanan berbasis lalulintas lainnya yang berhubungan dengan masyarakat.

“Kami melaksanakan program-program yang memang sudah menjadi prioritas dan tangungjawab kami, seperti memastikan kendaraan yang beroperasi tidak melanggar ketentuan undang-undang LLAJ Nomor 22 tahun 2009, dengan maksud menekan angka laka lantas akibat pelanggaran dan ketidaklaikan kendaraan,” ujar Kepala Bidang Lalulintas, Dinas Perhubungan, Yuli Imam Isdarmawan, Jumat (13/12/2019).

Disamping melaksanakan kegiatan utama tersebut, Dishub juga rutin menggandeng kepolisian melaksanakan sosialisasi lalulintas kepada berbagai kelompok masyarakat, diantaranya para tukang becak yang beroperasi di wilayah kota maupun pelajar dari berbagai jenjang pendidikan, juga komunitas motor yang ada.

“Bekerjasama dengan kepolisian kami juga memberikan edukasi bagi kelompok-kelompok masyarakat, termasuk pelajar dan abang becak,” Lanjut Yuli Imam.

Tidak hanya itu, otoritas perhubungan kabupaten itu juga terus mengoptimalkan pelayanan terhadap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang berkaitan dengan lalulintas dan jalan, di antaranya beberapa even yang menggunakan jalan sebagai tempat kegiatan. Tujuannya agar satu sisi kegiatan dapat berjalan lancar, dan sisi lainya masyarakat lain tidak terganggu.

“Untuk kegiatan semacam ini, kami selalu rapat koordinasi dengan forum lalulintas, berkoordinasi dengan penyelenggara, serta memastikan jalur yang di tutup terdapat alternatif untuk pengguna jalan lainnya, seperti event sepeda pada akhir pekan ini,” katanya. 

Kepala Dishub Kabupaten Tuban, Muji Slamet, mengungkapkan, akhir tahun ini pihaknya juga tengah melakukan kajian terhadap kegiatan car free day yang ada di Jalan Sunan Kali Jaga, hasil kajian tersebut nantinya akan diterapkan pada tahun 2020. 

Adapun salah satu poin penting dalam pelaksanaan car free day selanjutnya adalah, menempatkan jalur car free day benar-benar sebagai tempat kegiatan bebas kendaraan. Membebaskan jalur dari kendaraan, termasuk kendaraan yang parkir. Pedagang akan ditata ulang, agar tidak memenuhi jalan, sehingga jalur tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan warga

“Nantinya pedagang akan ditempatkan di pinggir, agar bagian tengah jalan dapat dimanfaatkan oleh warga untuk berbagai kegiatan, parkir akan diarahkan ke dalam halaman Kompi, kami akan laksanakan rapat lagi, dan mudah-mudahan awal bulan tahun depan sudah dapat dilaksanakn,” kata Muji Slamet. 

Muji menyampaikan, Kinerja Dinas Perhubungan akan terus ditingkatkan, seluruh program dinas utamanya program pelayanan kepada masyarakat akan terus dimaksimalkan agar masyarakat terlayani dengan baik.

“Kami selalu berbenah, mudah mudahan kami dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat tuban,” pungkas Kepala Dinas Perhubungan itu. [Nid/*]