22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |   22:00 . Bupati: Tak Perlu Sabotase Truk Pupuk Subsidi, Stok Cukup   |   21:00 . DPRD Setujui Rancangan APBD 2021 Capai Rp2,4 Triliun   |   20:00 . Jadwal Uji Coba KBM SMP dan MTs Tunggu Izin Gugus Tugas   |   19:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   18:00 . Penerima Jaring Pengaman Sosial Diminta Patuhi 3M   |   17:00 . Pakai Masker di Pantai Semilir, Kapolsek Jenu Hadiahi Sego Pindang   |   16:30 . Dipandu CEO BMG Webinar Konferwil AMSI Berlangsung Gayeng   |   16:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |   12:00 . Ikuti Webinar Bareng AMSI, Juga Live Streaming di Facebook   |   11:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   10:00 . Kasatlantas Polres Tuban Cek Kelengkapan Personel Jelang Operasi Zebra Semeru 2020   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 04 December 2019 11:00

Hendak Perluas Lahan Makam, Warga Temukan Benda Diduga Peninggalan Majapahit

Hendak Perluas Lahan Makam, Warga Temukan Benda Diduga Peninggalan Majapahit

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hendak memperluas lahan makam, warga Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, menemukan berbagai benda yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit.

Ketua Ranggalawe Creative Center (RCC) Tuban yang bergerak dibidang konservasi adat dan budaya Tuban, Angga mengatakan, RRC menerima laporan dari salah satu warga yang menemukan benda-benda diduga peninggalan kerajaan saat melakukan perluasan makam di area persawahan.

"Berawal dari laporan tersebut, kemarin saya langsung mendatangi lokasi," ungkap Angga, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut, setelah mendatangi lokasi dan melakukan pengamatan serta pembersih beberapa benda yang diduga peninggalan kerajaan itu, ia menyimpulkan benda-benda tersebut merupakan peninggalan zaman kerjaan Majapahit.

"Dari penemuan pecahan kramik peninggalan dinasti ming, batu bata, grabah berupa kendi susu dan koin gepeng itu ada pada zaman kerajaan Majapahit," ungkapnya.



Berdasarkan hasil penemuan pecahan grabah berupa kendi susu yang biasanya digunakan untuk kegiatan ritual pada abad 12 sampai 13 zaman kerajaan majapahit, ia menduga lokasi tersebut dulunya sebuah candi.

"Benda-benda yang ditemukan kebanyakan untuk kegitan ritual pada zaman Majapahit," ujarnya.

Selanjutnya, dari hasil penemuan tersebut pihaknya akan melaporkan ke asisten Seketaris Daerah (Sekda) Tuban yang memimpin raperda cagar budaya beberapa hari yang lalu, dan juga pihaknya akan berkoordinasi dengan koordinator juru pemelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Tuban.

"Agar segera dilakukan penelitian lebih lanjut," imbuhnya.

Dengan adanya penemuan ini, ia beharap, pemerintah segera membuat regulasi terkait cagar budaya, karena banyak posisi cagar budaya khususnya di Tuban yang sangat tidak terjaga. Sehingga rentan akan kerusakan, karena kurang tahunya masyarakat terkait hal tersebut.

"Selama ini masyarakat kurang mengetahui bagimana cara merawat cagar budaya yang ada sekitarnya," tandasnya. [nid/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : cagar budaya, peninggalan sejarah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more