09:00 . Eks Napi Korupsi Bisa Maju Pilkada 2020   |   08:00 . Perusahaan di Tuban Wajib Pekerjakan Difabel 1 Persen   |   07:00 . Tips buat Orang Tua yang Merasa Sudah Over Protektif pada Anak   |   16:00 . Sendangrejo Diterjang Puting Beling, Sarana Umum Rusak   |   15:00 . Penanganan Tanggul Plumpang, BBWS Bakal Kaji Hal Ini   |   14:00 . Ketika Kapolres Tuban Ancam 'Gantung' Kasat-kasatnya dan Kapolsek Jenu   |   13:00 . Program Bimbingan Catin Sudah Berjalan DuanTahun di Tuban   |   12:00 . Hingga Bulan November, Sudah Ada 33 PNS Berpisah   |   11:00 . 3 Kegiatan di Jalan Sunan Kalijaga, Dishub Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Parkir   |   10:00 . Warga Tuban Segel Tower Provider   |   09:00 . Sapa Kader Banteng, Kang Yudi Komitmen Besarkan PDIP   |   08:00 . Percepatan Pembangunan Kilang, Polres Tuban Berdialog dengan Jurnalis   |   07:00 . 4 Cara Mencegah Anak Ngompol di Malam Hari   |   20:00 . Baru Ada 37.900 Anak di Tuban yang Punya KIA   |   18:00 . Hadapi Tahun 2020, Kartar Tuban Study Banding ke Bandung   |  
Sun, 08 December 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 01 December 2019 21:00

GM blokTuban.com Jadi Trainer di Pelatihan Cek Fakta AJI dan GNI

GM blokTuban.com Jadi Trainer di Pelatihan Cek Fakta AJI dan GNI



Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro menggelar pelatihan cek fakta di Hotel Aston, Bojonegoro, selama dua hari, 30 November - 1 Desember 2018. Acara ini digelar bekerjasama dengan AJI Indonesia, Google News Inisiative (GNI)  dan Internews.

Selama dua hari, sekitar 30 jurnalis dipandu oleh dua trainer terverifikasi google: Edy Purnomo, General Manager (GM)/Pimpinan Umum blokTuban.com (member of Blok Media Group) asal Kabupaten Tuban dan Eko Widianto, Pimpinan Redaksi Terakota.id dari Malang.

Hari pertama, peserta diajak berdiskusi tentang ragam Mis-Disinformasi, mendeteksi berita bohong dan situsnya, mendeteksi asal muasal foto, serta memverifikasi informasi-informasi yang tersebar di dunia maya.

Hari ke dua, peserta diajak untuk mengoptimalkan pemanfaatan peta online untuk mendeteksi tempat dan daerah suatu peristiwa, mendeteksi keaslian dan muasal video, memperkirakan waktu dari foto yang dilihat, serta keamanan digital.

 "Selama dua hari, peserta berdiskusi tentang ragam Mis-Disinformasi, dan juga memanfaatkan tols-tols yang tersedia di internet untuk melakukan verifikasi keberadaan suatu informasi secara mandiri," jelas Edy.

Eko Widianto juga mengungkapkan hal yang sama. Tols-tols yang didapat selama pelatihan dua hari ini bisa didapatkan dengan mudah di internet. Eko juga memutar satu video yang berisi cerita tentang media besar yang pernah memanfaatkan tols-tols yang dipelajari peserta pelatihan untuk mengungkap kasus penembakan yang saat itu dituduhkan oleh Boko Haram.

Sekretaris AJI Bojonegoro, Khorij Zaenal Assrori mengatakan, kegiatan Ini merupakan rangkaian agenda Google News Initiative Training yang dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

"Para jurnalis diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi digital" ungkapnya, minggu (1/12/2019).

Kegiatan ini merupakan yang kedua, sebelumnya pada Jumat 29 November kemarin, AJI, Google Initiative dan Internews juga menggelar kegiatan serupa di Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro.

"Yang ini pesertanya dari kalangan wartawan, mahasiswa, pers kampus, penggiat media sosial, dan masyarakat umum,” tambahnya. [hud/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : aji, google, news, bojonegoro



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more