UPK eks PNPM Montong Salurkan Bantuan Gerobak Bantuan

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Montong menyalurkan bantuan sosial berupa gerobak gorengan. 

 

Bantuan diberikan kepada 15 warga penerima manfaat program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP), Jumat (29/11/2019). Bantuan diberikan kepada warga dengan kategori tidak mampu namun masih produktif di 13 desa wilayah Kecamatan Montong.

 

Ketua UPK Kecamatan Montong, Syaikhul Anam mengatakan, pemberian bantuan kepada warga yang tidak mampu tersebut telah dilakukan setiap tahun oleh UPK Kecamatan Montong. 

 

Namun, untuk bantuan berupa gerobak baru dilakukan di tahun 2019 ini. Hal itu sesuai dengan arahan dari Camat Montong selaku pembina UPK Kecamatan Montong.

 

"Sesuai dengan arahan Bapak Camat Montong selaku pembina UPK, bantuan berupa gerobak ini merupakan penyelarasan program pemerintah Kabupaten Tuban dalam upaya pengentasan kemiskinan," ujarnya. 

 

Syaikhul Anam berharap, dengan adanya bantuan berupa gerobak ini bisa membantu usaha para penerimanya. Sehingga mampu menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian dari keluarga penerima tersebut.

 

Selain itu, agar bantuan itu bisa dimanfatkan dengan maksimal. UPK Kecamatan Montong juga akan mengontrol, dan memberikan pembinaan kepada penerima bantuan, sehingga mampu berdaya dan taraf perekonomiannya meningkat.

 

"Kita akan memastikan jika bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi penerimanya dengan mengontrol serta memberikan pembinaan," pugkas Anam.

 

Sekadar diketahui, penyerahan bantuan gerobak secara simbolis dilakukan di kantor Kecamatan Montong. Dihadiri dari Dispemas Tuban, Fokopimcam dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Montong. Selanjutnya bantuan tersebut langsung diantar ke rumah penerimanya oleh UPK.[hud/ono]