Akhir Tahun, Lampu Kelas Nasional Rp11,9 M Dipasang di SBWT

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Stadion Bumi Wali Tuban (SBWT) di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding berkapasitas 25 ribu penonton sebentar lagi bisa digunakan di malam hari. Melalui P-APBd 2019 sebesar Rp11,9 miliar, stadion utama Kabupaten Tuban bakal dipasang lampu kelas nasional.

Kepada Reporter blokTuban.com, Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Zaenal Maftuchin mengatakan lampu direncanakan memiliki sistem penerangan dengan lumen lampu sebesar 1.060 lux.

"Penerangan SBWT bertaraf nasional karena standar ISL Liga 1 rata-rata 800 lux. Alhamdulillah kita sudah jauh," kata Zaenal saat ditemui di Graha Sandya Perumdin Semen Indonesia, Kamis (28/11/2019).

Ada empat tahap pekerjaan yang harus selesai 70 hari. Dimulai dari bulan Oktober tahap pondasi, pengadaan tiang, pemasangan lampu, dan finishing intalansi sampai 31 Desember 2019.

"Lampu datang tgl 4 Desember dan dipasang 10 Desember. Kita harapkan berjalan sesuai rencana," terang Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban itu.

Kendati berakhirnya pekerjaan hingga akhir tahun, tapi banyak pihak berharap diselesaikan pada 21 Desember 2019. Karena pada 22 Desember diharapkan SBWT bisa digunakan untuk Final Piala Bupati Cup 2019.

"Selain lampu, Disparbudpora juga memasang pintu jendela. Penyiraman rumput sudah menggunakan puluhan springel," tutupnya. [ali/col]