22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 25 November 2019 13:00

Harapkan UMKM Dorong Ekonomi Tumbuh Lebih dari 5%, DPRD Akan Bentuk Payung Hukum

Harapkan UMKM Dorong Ekonomi Tumbuh Lebih dari 5%, DPRD Akan Bentuk Payung Hukum

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tuban mencapai 29 ribu, yang mana 60% nya bergerak di sektor makanan dan minuman. Sedangkan batik sebagai produk lokal unggulan di Tuban hanya menempati 15%, disusul sektor kerajinan 15% dan jasa 10%.

UMKM Tuban telah mampu membantu 2,5% pertumbuhan ekonomi, untuk itu Komisi 4 DPRD Tuban berharap ke depan UMKM mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih dari 5%.

Melalui kunjungan kerja di Dinas Indakop Kabupaten Tulungagung, Komisi 4 mendapat informasi sudah ada Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukum dalam mewajibkan pasar-pasar modern yang tumbuh pesat untuk menjual 20% produk lokal hasil UMKM.

"Keberadaan payung hukum ini penting," terang Ketua Komisi 4 DPRD Tuban, Tri Astuti kepada reporter blokTuban.com, Senin (25/11/2019).

Ditambahkan dengan terbentuknya paguyuban yang menaungi usaha UMKM bisa membantu dalam pengembangannya. Dalam hal ini bersinergi antara UMKM, Diskoperindag dan juga pusat layanan usaha terpadu (PLUT) berupa SDM, pembiayaan, pasar, pelatihan. PLUT di Jatim baru ada lima diantaranya di Tulungagung ini.

Promo produk juga sangat diperlukan di era digitalisasi ini, melalui IKM mart yang mana dalam aplikasi mencantumkan semua produk UMKM yang ada sehingga membantu dalam promosi dan pemasaran.

"Tuban juga bisa melakukan hal yang sama," terang Ketua DPC Gerindra Tuban.

Diharapkan dengan pengembangan ekonomi lokal, pemberdayaan masyarakat dan sentra industri akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga.

Meningkatnya ekonomi keluarga, maka pendapatan akan meningkat dan tentunya berimbas pada peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk mewujudkan itu semua, dibutuhkan sineegi perbankan dalam pemberian kredit lunak. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : umkm, tuban, dprd



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more