11:00 . Menaker RI Berharap Kepala Daerah Ikut Sosialisasikan UU Ciptaker   |   08:00 . Peduli Seniman Setiajit Gelar Wayang Pakeliran Padat   |   07:00 . Mencium Bau Kentut Baik untuk Kesehatan   |   21:30 . Arief-Nining Dipercaya Pimpin AMSI Jawa Timur   |   21:00 . Dua Bupati Puji Peran Media untuk Tingkatkan Partisipasi Publik   |   20:00 . Live: Pagelaran Wayang Lakon Gatot Koco Wini Suda   |   19:00 . Media Massa dan Pemerintah Perlu Bekerjasama Mengatasi Masalah   |   15:00 . Gelar PKD di Tengah Pandemi, Ansor Jatirogo Terapkan Prokes Ketat Covid   |   14:00 . Menteri Abdul Halim Iskandar dan Ida Fauziah Kunjungi Tuban, Serahkan Bantuan program PJS   |   13:00 . Agus Sudibyo Beber Syarat Take Down Berita   |   12:00 . Saat Pandemi, Media Lokal Lebih Banyak Diminati   |   11:30 . Gubernur Jatim: AMSI adalah Industri Masa Depan   |   11:00 . Konferwil 2 AMSI Jatim Resmi Dibuka Gubernur Khofifah   |   10:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |  
Mon, 26 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 22 November 2019 18:00

Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Desa Menilo

Situs Petilasan Sunan Kalijaga di Desa Menilo


Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai wilayah kabupaten berjuluk Bumi Wali, Tuban dikenal punya banyak situs bersejarah tentang peradaban para wali. Sejarah dan situs tersebut hampir rata tersebar di wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Seperti halnya petilasan Sunan Kalijaga, yang ada di ujung selatan perbatasan Tuban. Yakni di Desa Menilo, Kecamatan Soko.

Petilasan ini berada dekat jembatan penghubung di RT/RW 01/01 Desa Menilo, yang dialiri sungai kecil berhilir ke sungai Bengawan Solo. Masyarakat setempat biasa menyebut petilasan ini dengan Cungkup Mbah Sunan Kalijaga.

Dari penuturan warga setempat, petilasan itu dipercayai sebagai tempat pertapaan Raden Said atau Sunan Kalijaga kala mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengolah rasa spiritual untuk persiapan penyebaran agama Islam kala itu.

"Petilasan ini dulunya dibangun oleh orang Jawa Tengah sana. Sampai sekarang, ada bangunan Musala dan Cungkup di belakang itu yang bangun juga sama," tutur warga setempat yang juga kuncen petilasan Sunan Kalijaga di Desa Menilo, Yatman kepada blokTuban.com, Jumat (22/11/2019).

Memang sangat disayangkan, ketika keberadaan situs waliyullah ini malah diurus dan diperhatikan orang luar. Bukan masyarakat maupun Pemerintah Desa setempat. Meskipun petilasan hanya berwujud bongkahan, tempat bersemedi Sunan Kalijaga, namun tetap dijunjung tinggi sejarahnya oleh penggagas petilasan Wali Allah yang begitu menginspirasi umat Islam hari ini.

"Dulu, pertama kali yang buka tempat ini orang dari Jawa Tengah-an. Banyak tamu juga yang singgah dan berkunjung dari Jawa Tengah, seperti Kendal, Sragen, Rembang, Demak. Pernah ada rombongan bus yang ziarah kesini juga," tambahnya.

Tak banyak masyarakat yang tahu jelas, kapan waktu ramainya para pengunjung datang kesana. Namun, beberapa warga setempat juga tokoh masyarakat yang punya kebathinan lebih, bisa merasakan kapan ada panggilan untuk berkumpul mengaji di sana bersama jamaah lain dari penjuru daerah.

Dari titik petilasan Sunan Kalijaga itulah, lahir sejarah peradaban dimana setiap kisahnya memunculkan tokoh-tokoh berpengaruh dalam babad alas Tuban selatan. [feb/ito]

(Bersambung)

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : situs, petilasan, sunan, kalijaga



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more