08:00 . Purnawirawan Polri Jatuhkan Pilihan ke Setia Negara   |   20:00 . Buruh Gudang di Kerek Meninggal Dunia Mendadak   |   19:00 . Tersengat Listrik, Pedagang Nasi di Senori Meninggal   |   19:00 . Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Montong   |   18:00 . Rakor Pemasangan APK Berlangsung Alot, KPU: Masih Perlu Koordinasi   |   17:00 . Tiang listrik Korslenting, Nyaris Bakar Rumah Warga   |   16:00 . Wabup Larang Uang BST Dibelikan Sandang   |   15:00 . Hut Lalu Lintas Bhayangkara Ke-65, Satlantas Polres Tuban Bagikan Masker   |   13:00 . Beredar MoU Penipuan Pembebasan Lahan Kilang Tuban   |   12:00 . Pengembangan UMKM, Pertamina Kembali Salurkan Rp2.7 M   |   11:00 . Selama Pancaroba, Waspadai Cuaca Ekstrim di Jawa Timur   |   10:00 . 10 Ribu Pemilih Pemula Belum Ber-KTP?   |   09:00 . 2 Peserta Reaktif, 1 Positif Corona, SKB CPNS Tetap Jalan   |   08:00 . 1.701 RTLH Selesai Dibangung, Ini Sumber Dananya   |   07:00 . 8 Manfaat Ajaib "Ngopi", Sudah Tahu?   |  
Wed, 23 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 21 November 2019 14:00

Perhatian Pemkab Tuban ke TPQ Diungkap di Hadapan 7000 Guru

Perhatian Pemkab Tuban ke TPQ Diungkap di Hadapan 7000 Guru

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 7000 guru Tempat Pendidikan Alquran (TPQ) mengikuti Pembinaan Guru TPQ Kabupaten Tuban tahun 2019 di Pendopo Kridho Manunggal, Kamis (21/11/2019). Guru TPQ yang hadir sejak pagi dengan seksama menyimak materi yang disampaikan Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i., M.Ag., dari pondok pesantren Tebuireng, Jombang.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Tuban; Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Gubernur Jawa Timur; Ketua TP PKK Kabupaten Tuban; Kepala Kantor Kemenag Tuban; Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro dan Tuban; Kepala Dispendik Tuban; dan Kabag Kesra Setda Tuban.

Pada kesempatan ini, juga diadakan undian umroh untuk 3 guru TPQ yang diraih oleh Titik Mujiati dari desa Jetak, Montong; Mariyatul Fitriyah asal Sugihwaras, Jenu; dan Kholilurrohman dari desa Kedungjambe, Singgahan.

Selain itu, juga diadakan undian hadiah hiburan lainnya untuk guru TPQ yang beruntung. Juga diserahkan santunan Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan Tuban kepada ahli waris dari Alm. Miran senilai 24 juta.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan Pemkab Tuban telah memberikan bantuan hibah untuk pendirian TPQ yang tersebar di seluruh kecamatan. Pada tahun 2019, guru TPQ di juga telah menerima kenaikan honorarium. Guru TPQ yang hufadz juga akan mendapat penghargaan tersendiri.

“Pemkab Tuban akan terus mengupayakan meningkatkan jumlah penerima hibah pembangunan TPQ serta peningkatan kesejahteraan guru TPQ sesuai kemampuan anggaran,” ungkapnya.

Bupati Tuban menyatakan guru TPQ senantiasa mendukung Pemkab Tuban dalamm rangka pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM). Salah satu hasil dari jerih payah tersebut, kafilah kabupaten Tuban yang meraih juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Quran ke-28 Provinsi Jawa Timur.

Pemkab Tuban berkomitmen mengembangkan pendidikan karakter bagi masyarakat Kabupaten Tuban. Komitmen tersebut termanifestasikan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tuban Nomor 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji dan Perda Kabupaten Tuban (Perda) Kabupaten Tuban No. 6 Tahun 2016 tentang Pendidikan Akhlak Mulia.

Lebih lanjut, Bupati berharap program Pemprov Jatim One Pesantren One Product dan Milenial Job Centre dapat dikembangkan di Kabupaten Tuban. Di samping itu, program pemberdayaan ekonomi di kalangan pesantren tersebut perlu didukung dengan pelatihan, pendampingan, dan akses pemasaran.

“Sehingga terwujud kemandirian ekonomi bagi santri, pesantren, dan lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten II Gubernur Jatim, Wahid Wahyudi menjelaskan Pemprov Jatim juga gencar mengembangkan pendidikan karakter yang menjadi pondasi utama pembangunan SDM. Salah satunya pendidikan karakter berdasarkan akhlakul karimah utamanya generasi muda.

“Gubernur Jawa Timur menyampaikan sampaikan terima kasih atas penyelenggaraan MTQ Jatim tahun 2019 yang berlangsung dengan semarak. Secara khusus, apresiasi disampaikan kepada Bupati dan Pemkab Tuban yang berkomitmen khusus kepada guru TPQ untuk meningkatkan kesejahteraan guru TPQ tiap tahunnya,” terangnya.

Pendidikan karakter berdasarkan Al-Qur'an, lanjut Wahid, menjadi pondasi penting di tengah kemajuan teknologi digital 4.0. Meski demikian, perkembangan teknologi harus direspon guru TPQ untuk terus meng-upgrade kemampuan. Serta, mendorong santri memanfaatkan teknologi jaman untuk berinovasi dan terus berkarya.

Wahid Wahyudi menambahkan Guru TPQ menjadi garda terdepan setelah keluarga dalam merawat dan mendidik generasi muda agar mempunyai jiwa Qur’ani, yaitu menjiwai dan menerapkan nilai Al-Qur'an di setiap sendi kehidupan. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Perhatian, pemkab, tuban, TPQ, guru



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more