Tutup Buku PTSL 2019, Begini Hasilnya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tutup buku program pemerintah pusat, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2019 melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) disejumlah wilayah Kabupaten Tuban telah usai pada pertengahan Sepetember 2019 lalu.

Hal tersebut dipaparkan oleh Kasubag Tata Usaha BPN Kabupaten Tuban. Sebelum akhir tahun berlalu, 2 aspek target BPN Tuban sudah terlampaui. Diantaranya target 70 ribu peta bidang, dan 52.500 Sertifikat Hak atas Tanah (SHT) per 15 November lalu telah terpenuhi.

"Target kita selesai pada akhir tahun. Alhamdulillah, untuk tahun 2019 ini kita termasuk bagus dan tercapai," Yudi A, Kasubag Tata Usaha BPN Tuban ketika dijumpai blokTuban.com di kantornya, Rabu (20/11/2019).

Kendati begitu, sambungnya, masih ada sebagian dari beberapa desa yang berkasnya tertinggal. Seperti E-KTP yabg terhubung pada 1 data, yang mesti disesuaikan dengan Disdukcapil Tuban.

Selain itu, tak ada hambatan dan kesulitan  berarti dalam penerapan program PTSL 2019. Hal itu dikarenakan antusias warga masyarakat yang tinggi, dibarengi kerjasama antar instansi demi mensukseskan terwujudnya PTSL.

"Tahun depan target 60.000 BPT, dan 57.000 SHT. Terpaut 3000 antara BPT sama SHT," tukasnya.

Adapun target dari BPN yabg dibagi dalam jenis SHT dan BPT, sebab data PTSL desa kali ini menggunakan ukuran secara keseluruhan. Adanya program PTSL ini, sekaligus memperbaiki data dan pemetaan BPN. [feb/ito]