22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 19 November 2019 07:00

Siapa yang Tahu, Lompong Punya Khasiat Menurunkan Tekanan Darah

Siapa yang Tahu, Lompong Punya Khasiat Menurunkan Tekanan Darah

Reporter: -

blokTuban.com - Bahan alami telah diolah menjadi minuman maupun suatu masakan layak untuk rutin dikonsumsi. Apalagi sebagian bahan tersebut mempunyai nilai gizi, bahkan bisa membantu menghindarkan maupun melawan gangguan kesehatan.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, Nurselo asal Sidokarto Sleman mengungkapkan, jenis masakan tradisional antara lain berbahan lompong (batang talas), kluwih, bunga pisang dan nangka muda. Adapun manfaat lompong, baik disayur atau dibuat wujud seperti cerimping, antara lain, membantu menormalkan atau menstabilkan tekanan darah, sehingga bisa ikut mencegah tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

“Kandungan seratnya bagus juga untuk kesehatan sistim pencernaan, sehingga ikut mendukung kesehatan secara umum termasuk ketika rutin diberikan pada satwa beberapa jenis ikan air tawar,” katanya.

Sayur alami seperti ini diyakini juga memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa ikut mendukung imunitas atau kekebalan tubuh dari beberapa keluhan kesehatan. Artinya juga memiliki kemampuan menangkal radikal bebas di tubuh, sebab radikal bebas maupun toksin bisa memicu datangnya gangguan kesehatan.

Selain bagian batang talas atau lompong, beberapa varietas talas, bagian daunnya juga cocok dibuat makanan tradisional biasa disebut buntil. Dengan dipadu beberapa bahan alami lain, buntil daun talas antara lain bisa bermanfaat membantu menghindarkan maupun melawan kolesterol jahat di tubuh.

Tak ketinggalan, bisa berperan sebagai antiseptik alami serta penangkal radikal bebas di tubuh. Bahkan karena bersifat alami, masakan berbahan batang maupun daun talas (lompong) dapat dikonsumsi rutin. Sebagian lokasi kuliner pun menyediakan masakan tradisional yang menyehatkan seperti ini.

“Cara memperbanyak tanaman lompong ini juga mudah, misalnya dengan memisahkan bagian anakan atau tunas dari rumpun tanaman. Bisa juga menggunakan bagian umbi yang sudah tua, syukur sudah ada calon tunas dalam umbi tersebut,” ujarnya.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-30/188191/
siapa-yang-tahu-lompong-punya-khasiat-menurunkan-tekanan-darah

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : manfaat, daun, talas, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more