17:00 . Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Kontainer Ke-90 Ekspor Olahan Ikan   |   16:00 . Lebih Ramah Lingkungan, Warga Denpasar Coba Pertalite   |   15:00 . KBM Serentak 13 Juli, Ini Kata Kemenag Tuban   |   14:00 . Pertamina Pakai Sistem Konsinyasi Selesaikan Sisa Lahan Kilang GRR Tuban   |   13:00 . Seratus Persen Kilang GRR Tuban Olah Minyak dari Luar Negeri   |   12:00 . Bupati Resmikan Yayasan Al-Chusnaniyah Jadi Madrasah Tangguh   |   09:00 . Pasien Positf Covid-19 Tambah 1, Seorang PDP Meninggal   |   08:00 . Keluar Masuk Hutan Setiajit Temui Warga Pelosok   |   07:00 . Mungkinkah Penggunaan Masker Wajah Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh?   |   21:00 . Kakankemenag Tuban Beri Pembinaan pada FKPAI   |   20:00 . Tak Pakai Masker, 37 Pemuda Diberi Sanksi Sosial   |   19:00 . Menuju Pilkada Damai, PPK Singgahan Koordinasi dengan Forkopimka   |   18:00 . Diduga Korsleting Listrik, Kantor Ekspedisi di Jatirogo Terbakar   |   16:00 . Kunjungi Ponpes Tangguh di Prambontergayang, Ini Pesan Bupati   |   15:30 . Pekerja Tambang Batu Kumbung Meninggal Tertimpa Alat Derek   |  
Thu, 09 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 19 November 2019 10:00

Lokakarya Media Periode III 2019

Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan

Media Cetak Tergerus, Media Digital Tak Mudah Bertahan

Reporter: Nur Muharrom

blokTuban.com - Perkembangan dunia digital saat ini sudah sangat kentara sekali, baik untuk komunikasi hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk juga membantu manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Saat ini generasi milenial yaitu kelompok yang lahir antara tahun 1980 hingga 2010 atau berusia di bawah 40 tahun mendominasi penggunaan internet. Hal itu dikatakan oleh Direktur Riset dan Data (KataData.co.id), Heri Susanto, saat menyampaikan materi pada Lokakarya Media Periode III 2019, SKK Migas - KKKS Jabanusa.

Dikatakan Heri, kehadiran media online yang menawarkan berita cepat membuat oplah dan iklan media cetak menurun drastis. Dampaknya tak sedikit media cetak yang gulung tikar. Baik itu media cetak tabloid, koran hingga majalah.

"Sehingga tak sedikit media tersebut mengurangi tenaga kerja," kata Heri.

Meski media online atau digital saat ini menggeser cetak. Tantangan media online masih belum berhenti, lantaran dunia internet kian hari terus berkembang dan tumbuh.

Tantangan berat media digital, kata Heri di hadapan awak media, di antaranya adalah persaingan ketat sesama media online, media online juga bersaing dengan facebook dan google, juga termasuk sulit mendapat penghasilan dari iklan, selain itu banjir informasi membuat kredibilitas berita merosot. "Jadi media saat ini itu harus bisa menemukan bisnis atau model yang tepat agar bisa terus bertahan dan hidup," jelas mantan jurnalis ini.

Saat ini, papar Heri, perusahaan media harus mencari formula atau model yang tepat agar bisnisnya bisa bertahan, karena lawannya untuk mendapat iklan adalah facebook dan google.

"Kita bisa lihat iklan di facebook dan google sangat banyak, kadang kita juga ikut iklan di situ, jadi yang di lawan media saat ini adalah raksasa facebook dan google," ungkat Heri Susanto, dari katadata.co.id. [mu]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : digital, industri media



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more