08:00 . Purnawirawan Polri Jatuhkan Pilihan ke Setia Negara   |   20:00 . Buruh Gudang di Kerek Meninggal Dunia Mendadak   |   19:00 . Tersengat Listrik, Pedagang Nasi di Senori Meninggal   |   19:00 . Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Montong   |   18:00 . Rakor Pemasangan APK Berlangsung Alot, KPU: Masih Perlu Koordinasi   |   17:00 . Tiang listrik Korslenting, Nyaris Bakar Rumah Warga   |   16:00 . Wabup Larang Uang BST Dibelikan Sandang   |   15:00 . Hut Lalu Lintas Bhayangkara Ke-65, Satlantas Polres Tuban Bagikan Masker   |   13:00 . Beredar MoU Penipuan Pembebasan Lahan Kilang Tuban   |   12:00 . Pengembangan UMKM, Pertamina Kembali Salurkan Rp2.7 M   |   11:00 . Selama Pancaroba, Waspadai Cuaca Ekstrim di Jawa Timur   |   10:00 . 10 Ribu Pemilih Pemula Belum Ber-KTP?   |   09:00 . 2 Peserta Reaktif, 1 Positif Corona, SKB CPNS Tetap Jalan   |   08:00 . 1.701 RTLH Selesai Dibangung, Ini Sumber Dananya   |   07:00 . 8 Manfaat Ajaib "Ngopi", Sudah Tahu?   |  
Wed, 23 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 19 November 2019 17:00

Bupati Tuban Raih Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan, ini Terobosannya

Bupati Tuban Raih Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan, ini Terobosannya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda menerima Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan Jawa Timur Tahun 2019 bidang pemanfaatan lahan Marginal dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang diserahkan pada puncak acara Hari Pangan Sedunia Ke-39 tingkat Provinsi Jatim di JX International Convention Exhibition Surabaya, Selasa (19/11/2019). 

Hadir pula mendampingi Bupati pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Qodiriyah Fathul Huda, Ketua Dharmawanita Persatuan, Sri Rahayu Budi Wiyana, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji. 

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur, mengungkapkan bahwa pada tahun ini Hari Pangan Sedunia mengambil tema “Melalui inovasi teknologi pertanian dan pangan kita wujudkan Nawa Bhakti Satya Jawa Timur Sejahtera” dengan harapan berbagai inovasi yang ada dari setiap daerah di Jatim dapat menyejahterakan petani.

"Inovasi teknologi yang ada diharapkan dapat memudahkan para petani dalam bekerja serta dapat mendukung ketahanan pangan di Jawa Timur sehingga kedepan bukan lagi ketahanan pangan tapi kita sudah mencapai kedaulatan pangan" katanya.

Adapun Inovasi yang mendapat Penghargaan dari Gubernur tersebut salah satunya adalah SITASMAN DILAMAR (Sistem Tanam Sisip Tanaman Di Lahan Marginal) Yang merupakan Inovasi dari Kabupaten Tuban. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, bahwa inovasi ini dapat Meningkatkan indeks pertanaman pada lahan kering marginal dari IP 100 menjadi IP 300. (dari 1 kali panen menjadi 3 kali panen per satuan luas dalam satu tahun).

"Sebelumnya di Tuban terdapat lahan kering 63.216 hektar yang merupakan lahan kering marjinal,“ ujarnya. 

Sebelumnya Pengelolaan usaha tani pada lahan kering marginal masih bersifat konvensional secara turun–menurun karena belum adanya perubahan perilaku petani, dan melaui inovasi teknologi tanam sisip dengan melakukan rekayasa waktu tanam dan pengaturan pola tanam sesuai jenis tanaman yang dipilih akan terjadi pemanfaatan air dan 3 (tiga) kali panen dari 3 (tiga) komoditas yang berbeda yaitu jagung, cabe dan kacang tanah. 

Sisi inovatif dari inovasi ini terletak pada pengaturan pola tanam dan waktu tanam yang menyesuaikan dengan jumlah dan intensitas curah hujan. Rinciannya, jagung (November-Februari), cabe (Januari-Mei), kacang tanah (Februari-Mei). Dengan model tanam sisip ini petani dapat panen sebanyak 3 kali dengan 3 jenis tanaman yang berbeda selama musim penghujan (6–7 bulan).

"Sehingga inovasi ini mampu meningkatkan pendapatan petani hampir 10 kali lipat," jelas mantan Camat Bancar ini.

Sementara itu Bupati Fathul Huda setelah menerima penghargaan mengungkapkan rasa senang dan bangganya serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya  atas diraihnya Penghargaan ini. Menurutnya hal ini kembali mengukuhkan bahwa pertanian di Kabupaten Tuban sangatlah potensial, setelah sebelumnya juga telah  berhasil mencapai target produksi tertinggi di Jawa Timur. 

“Selain itu, Kabupaten Tuban bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI juga telah berhasil mengembangan bibit jagung hibrida sebagai pilot project pengembangan kawasan jagung perbenihan berbasi korporasi petani," Imbuh Bupati dua periode.

Hal tersebut menurut Bupati Huda juga mendukung upaya Pemkab Tuban dalam rangka pengembangan pertanian sekaligus pelaksanaan ketahanan pangan yang merupakan wujud penerapan ketahanan nasional.

“Diharapkan Tahun depan dapat terealisasi didirikannya perusahaan sortir bibit. Serta dua tahun mendatang ditargetkan kabupaten Tuban mampu mengekspor bibit jagung hingga keluar negeri," seru Bupati Huda. 

Tidak lupa Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pertanian dan Ketahanan pangan di Kabupaten Tuban terutama peran serta para Petani di Bumi Wali. Harapannya semua inovasi dan terobosan yang ada bermuara para peningkatan kesejahteraan petani khususnya dan semua masyarakat di Kabupaten Tuban pada umumnya.

Pada kesempatan ini dilaksanakan pula Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Pangan Lokal yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban dan juga Pameran Produk unggulan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban serta Lomba Duta Pangan Jawa Timur dimana perwakilan dari Kabupaten Tuban, Ditri Asma Mustika masuk dalam Grand Final. [ali/ito]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tp pkk, inovasi, sitasman dilamar



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more