17:00 . Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Kontainer Ke-90 Ekspor Olahan Ikan   |   16:00 . Lebih Ramah Lingkungan, Warga Denpasar Coba Pertalite   |   15:00 . KBM Serentak 13 Juli, Ini Kata Kemenag Tuban   |   14:00 . Pertamina Pakai Sistem Konsinyasi Selesaikan Sisa Lahan Kilang GRR Tuban   |   13:00 . Seratus Persen Kilang GRR Tuban Olah Minyak dari Luar Negeri   |   12:00 . Bupati Resmikan Yayasan Al-Chusnaniyah Jadi Madrasah Tangguh   |   09:00 . Pasien Positf Covid-19 Tambah 1, Seorang PDP Meninggal   |   08:00 . Keluar Masuk Hutan Setiajit Temui Warga Pelosok   |   07:00 . Mungkinkah Penggunaan Masker Wajah Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh?   |   21:00 . Kakankemenag Tuban Beri Pembinaan pada FKPAI   |   20:00 . Tak Pakai Masker, 37 Pemuda Diberi Sanksi Sosial   |   19:00 . Menuju Pilkada Damai, PPK Singgahan Koordinasi dengan Forkopimka   |   18:00 . Diduga Korsleting Listrik, Kantor Ekspedisi di Jatirogo Terbakar   |   16:00 . Kunjungi Ponpes Tangguh di Prambontergayang, Ini Pesan Bupati   |   15:30 . Pekerja Tambang Batu Kumbung Meninggal Tertimpa Alat Derek   |  
Thu, 09 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 18 November 2019 12:00

Diduga Ada Calo SIM di Tuban, PMII Datangi Markas Polisi

Diduga Ada Calo SIM di Tuban, PMII Datangi Markas Polisi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pelayanan di Markas Polisi Resort (Mapolres) Tuban pada Senin (18/11/2019) pagi sedikit tersendat. Karena mahasiswa yang tergabung Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Tuban berunjuk rasa meminta Kapolres menindak tegas calo SIM.

Tuntutan aksi massa yaitu, segera benahi sistem yang membodohi rakyat dan basmi oknum kepolisian yang melakukan pelanggaran (Pencaloan SIM). Adapun korlap aksi Kurniawan memimpin massa berangkat dari Graha PMII Tuban.

Massa tiba di parkiran Gedung Tennis Indoor kemudian berjalan kaki menuju depan Mapolres. Beberapa waktu, PMII memblokir separuh jalan nasional kemudian mendengungkan sumpah mahasiswa.

Kepada reporter blokTuban.com, Ketua PC PMII Tuban, Mustofatul Adib mengatakan temuan PMII ada masyarakat yang mengeluh lima sampai tujuh kali ikut tes tapi tidak lulus. Kesimpulannya masyarakat yang mengurus SIM belum memiliki kompetensi.

"Kapolres harus tegas memfungsikan Polsek jajaran untuk mengasah kemampuan masyarakat," terang aktifitas asal Kecamatan Soko.

Salah satu pengurus SIM yang kesulitas tes dari Kecamatan Bangilan. Tercatat ada lima korban gagal tes apada 10 September 2019. Berjalannya praktik calo SIM ini, diduga melibatkan pihak ketiga dan oknum polisi.

"Ditarik 600 ribu sampai 650 ribu setelah SIM jadi tanpa melalui tes," bebernya.

Menyikapi tuntutan mahasiswa, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono sudah menampung dan membacanya secara resmi. Ditegaskan bahwa mekanisme pembuatan SIM semuanya online.

"Baik dari ujian tulis sampai praktik semuanya terintegrasi," tegas Kapolres kelahiran Bojonegoro.

Sekarang tidak bisa hanya ujian tulis tanpa praktik, maupun sebaliknya. Setelah ujian tulis hasilnya juga langsung keluar. Sistem ini telah terbangun dan bisa dipertanggungjawabkan.

Diketahui Polres Tuban memperoleh predikat WBK, intansi pertama yang mendapatkannya sulit sekali. Nanang tak akan mempertaruhkan predikat tersebut.

"Polres juga mendapat pelayanan publik nilanya A sangat baik. Kalau kita melakukan Pungli pasti akan dicabut," tambahnya.

Setelah menampung tuntutan PMII, Kapolres akan menurunkan tim. Selama setahun tujuh bulan bertugas di Tuban, pihaknya memastikan tidak ada calo SIM.

Data Satlantas Polres Tuban, selama dua pekan terakhir telah keluar 255 SIM. Semuanya dikeluarkan melalui uji kompetensi. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : polres, tuban, sim, calo, pmii



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more