20:00 . Anak Ular Kobra Ditemukan Warga di Semanding   |   19:00 . 12 OPD Penuhi 5 Unsur Penilaian SPIP, Tuban Terima Penghargaan BPKP   |   18:00 . Satpol PP Tuban Tertibkan Parkir Liar di Trotoar   |   17:00 . Kerjasama Internet Desa Tak Sekedar Berorientasi Bisnis   |   16:00 . Petugas Gabungan Razia Warung Penjual Arak di Semanding   |   15:00 . Safari Politik Poros Pelangi, Nama Bakal Calon Sudah Mengerucut   |   14:00 . Awal Tahun Cetak 10.279 el-KTP, Suket Tak Usah Diperpanjang   |   13:00 . Imlek Undangan Meningkat, Seniman Barongsai Genjot Latihan   |   12:00 . Kilang TPPI dan GRR Tuban Bakal Terhubung Pipa 7 Km   |   09:00 . Pertamina Genjot Produksi Aromatik Kilang TPPI Jadi 55 Ribu Ton   |   08:00 . Setiajit Dipanggil Pimpinan PDIP   |   07:00 . 5 Kebiasaan Baik yang Sering Dianggap Masalah dalam Hubungan   |   17:00 . Diduga Konsleting Listrik, Gudang Tambak Udang di Jenu Terbakar   |   16:00 . Waspadai, di Jalan Pantura Tuban Ada Dua Jalur Black Spot   |   15:00 . Taman Sendang Kandangan, Destinasi Wisata Baru di Parengan   |  
Tue, 21 January 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 18 November 2019 12:00

Diduga Ada Calo SIM di Tuban, PMII Datangi Markas Polisi

Diduga Ada Calo SIM di Tuban, PMII Datangi Markas Polisi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pelayanan di Markas Polisi Resort (Mapolres) Tuban pada Senin (18/11/2019) pagi sedikit tersendat. Karena mahasiswa yang tergabung Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Tuban berunjuk rasa meminta Kapolres menindak tegas calo SIM.

Tuntutan aksi massa yaitu, segera benahi sistem yang membodohi rakyat dan basmi oknum kepolisian yang melakukan pelanggaran (Pencaloan SIM). Adapun korlap aksi Kurniawan memimpin massa berangkat dari Graha PMII Tuban.

Massa tiba di parkiran Gedung Tennis Indoor kemudian berjalan kaki menuju depan Mapolres. Beberapa waktu, PMII memblokir separuh jalan nasional kemudian mendengungkan sumpah mahasiswa.

Kepada reporter blokTuban.com, Ketua PC PMII Tuban, Mustofatul Adib mengatakan temuan PMII ada masyarakat yang mengeluh lima sampai tujuh kali ikut tes tapi tidak lulus. Kesimpulannya masyarakat yang mengurus SIM belum memiliki kompetensi.

"Kapolres harus tegas memfungsikan Polsek jajaran untuk mengasah kemampuan masyarakat," terang aktifitas asal Kecamatan Soko.

Salah satu pengurus SIM yang kesulitas tes dari Kecamatan Bangilan. Tercatat ada lima korban gagal tes apada 10 September 2019. Berjalannya praktik calo SIM ini, diduga melibatkan pihak ketiga dan oknum polisi.

"Ditarik 600 ribu sampai 650 ribu setelah SIM jadi tanpa melalui tes," bebernya.

Menyikapi tuntutan mahasiswa, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono sudah menampung dan membacanya secara resmi. Ditegaskan bahwa mekanisme pembuatan SIM semuanya online.

"Baik dari ujian tulis sampai praktik semuanya terintegrasi," tegas Kapolres kelahiran Bojonegoro.

Sekarang tidak bisa hanya ujian tulis tanpa praktik, maupun sebaliknya. Setelah ujian tulis hasilnya juga langsung keluar. Sistem ini telah terbangun dan bisa dipertanggungjawabkan.

Diketahui Polres Tuban memperoleh predikat WBK, intansi pertama yang mendapatkannya sulit sekali. Nanang tak akan mempertaruhkan predikat tersebut.

"Polres juga mendapat pelayanan publik nilanya A sangat baik. Kalau kita melakukan Pungli pasti akan dicabut," tambahnya.

Setelah menampung tuntutan PMII, Kapolres akan menurunkan tim. Selama setahun tujuh bulan bertugas di Tuban, pihaknya memastikan tidak ada calo SIM.

Data Satlantas Polres Tuban, selama dua pekan terakhir telah keluar 255 SIM. Semuanya dikeluarkan melalui uji kompetensi. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : polres, tuban, sim, calo, pmii



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more