22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 15 November 2019 07:00

Membiarkan Balita Bilang "Enggak Mau" Ternyata Ada Manfaatnya

Membiarkan Balita Bilang

Reporter: -

blokTuban.com - Saat balita memasuki usia 18 bulan, Anda mungkin akan sering mendengar si kecil mengatakan "enggak mau!". Ya Moms, tiap kali Anda menawarkan sesuatu padanya, si kecil kerap menolak dengan mengatakan "enggak mau".

Hal itu mungkin bisa membuat Anda kesal, karena melihat anak balita Anda tidak menurut. Tapi tenang dulu, Moms. Penolakan ini bukan berarti balita sungguh-sungguh menolak atau sengaja melawan Anda, kok. Itu merupakan sesuatu yang normal terjadi pada fase pertumbuhannya.

"Mereka (balita) sedang mengalami perkembangan otak yang paling cepat selama periode ini. Setiap detik setidaknya ada 700 saraf otak baru yang terbentuk," kata Kathryn Smerling, psikolog keluarga di New York City, Amerika Serikat, seperti dilansir Todays Parent.

Ia mengatakan, salah satu proses tumbuh kembangnya adalah ketika ia sering mengatakan "enggak mau". Sebab pada saat itu, balita sudah memiliki pemikiran dan pendapat mereka sendiri. Mereka merasa bahwa berbeda sangat penting untuk membuat mereka menjadi seorang individu yang fungsional.

"(dengan mengatakan tidak) Mereka mempelajari aturan tentang perilaku sendiri dan bagaimana menempatkan diri di dunia sosial yang ada pada sekitar mereka," kata Cindy Huang, asisten profesor psikologi konseling di Teachers College, Columbia University, AS.

Selain itu, bisa mengatakan "tidak" juga bisa membuat balita mengendalikan dirinya. Sehingga, ia bisa menjalin hubungan yang sehat dan mampu melindungi diri dari kejahatan seksual misalnya, Moms.

"Jika seorang anak tidak ingin dipeluk atau dicium oleh orang lain, (kata) 'tidak' pada mereka harus dihormati dan didengarkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memahami konteks 'tidak' ini," ujar Huang.

Nah bila selama ini ia 'dikendalikan' oleh Anda, ayahnya, atau pengasuhnya, mulai saat ini biarkan si kecil untuk mengatakan "enggak mau" dan menentukan sikapnya. Ya Moms, ini waktunya anak balita Anda menguji dirinya tentang apa saja yang sudah bisa ia lakukan secara mandiri dan bagaimana reaksi orang lain melihat aksinya.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more