Mahasiswa Ini Bisa Meraup Omzet Hingga Rp60 Juta per Bulan

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Beberapa tahun terakhir ini bisnis online menggunkan aplikasi market place sangat digemari dan digeluti banyak orang. Seperti salah satu Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, yang setiap bulannya bisa meraup omzet hingga Rp60 juta.

Mahasiswa semester 5 prodi ilmu Komunikasi ini mulai berbisnis pada tahun 2016 lalu, saat ia sedang bekerja di salah satu restoran di Jakarta.

"Memanfaatkan peluang, banyak orang sudah mulai belanja menggunakan aplikasi marketplace tapi masih minin produsen," ungkap Ahmad Priyono (24).

Lebih lanjut, bermodalkan uang 2 juta hasil dari tabungannya selama dua tahun bekerja di Jakarta, ia memulai membuka lapak di salah satu aplikasi marketplace dengan berjualan acesoris HP.

"Pilih berjualan acesoris karena, paling banyak dicari orang - orang," ungkapnya.

Setelah satu tahun berjualan dan mulai mendapatkan untung, ia memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan kembali ke kapung halamnya di Kota Rembang Jawa Tengah (Jateng) juga ia mulai berkuliah.

"Dulu lulus sekolah langsung kerja karena, tidak punya biaya untuk kuliah," ujarnya.

Selama 4 tahun bergelut di marketplace suka dan duka sudah sering ia alami, mulai dari barang rusak sewaktu dikirim, barang hilang tidak sampai tujuan hingga persaingan dengan suplayer.

"Suplayer kan tangan kedua, sedangkan saya tangan ke tiga jadi ada selisih harga," imbuhnya.

Ia menambahkan, saat ini ia sudah mempunyai tiga lapak di tiga aplikasi market place denga omzet per bulannya mencapai 60 juta.

"Alhamdulillah, bisa buat bayar kuliah dan bantu orang tua," tuturnya.

Ia berpesan kepada seluruh genarasi muda, untuk mulai mengembangkan dirinya sejak dini, bakat apa itu yang dimilikinya harus dikembangkan sehingga dapat menghasilkan provrit.

"Mumpung masih muda, harus selalu mencoba jagan takut gagal," tandasnya. [nid/ito]