22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 12 November 2019 07:00

Kenali 6 Khasiat Asam Jawa untuk Diabetes dan Pencernaan

Kenali 6 Khasiat Asam Jawa untuk Diabetes dan Pencernaan

Reporter :-

blokTuban.com - Asam Jawa mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta berpotensi melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Buah ini  mengandung vitamin B, kalium, magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, serat, protein lemak, karbohidrat, dan kalori. Kandungan karbohidrat dalam asam Jawa tersimpan dalam bentuk gula yang banyaknya hampir sama dengan 17 sendok teh.
Berikut sejumlah khasiat asam jawa untuk kesehatan tubuh

1. Memperlancar pencernaan

Salah satu manfaat asam Jawa untuk kesehatan adalah untuk melancarkan pencernaan, bagi Anda yang sedang mengalami konstipasi.

Penggunaan asam Jawa untuk mengatasi sembelit, sebenarnya secara tradisional sudah sering dilakukan oleh masyarakat di benua Afrika. Mereka biasanya mencampur asam Jawa dengan lemon dan madu atau meminum air rebusannya.

2. Mampu mengontrol diabetes

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, asam Jawa terbukti memiliki kemampuan anti-diabetes. Manfaat asam Jawa ini didapatkan dari ekstrak bijinya, yang mampu menurunkan kadar gula darah puasa pada hewan uji tersebut.

3. Bersifat anti-radang dan berpotensi mengurangi nyeri

Tidak hanya buahnya, kulit asam Jawa juga berpotensi mengurangi peradangan dan rasa nyeri di tubuh. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, kedua manfaat ini ternyata terbukti. Namun tentu saja, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat asam Jawa ini secara klinis.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Kulit dan daun asam Jawa, seringkali disebut dalam literatur yang membahas mengenai penyembuhan luka maupun abses atau nanah. Secara tradisional, manfaat asam Jawa ini biasanya didapatkan dengan cara merebus atau menumbuknya menjadi bubuk, untuk kemudian dioleskan ke luka.

Namun, perlu diperhatikan lagi jika Anda ingin mencoba cara tradisional tersebut. Sebab, ada risiko lain yang mungkin muncul, terutama apabila daun dan batang asam Jawa yang digunakan, kurang bersih.

5. Kaya antioksidan

Antioksidan penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam asam Jawa juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Bersifat anti-bakteri

Ekstrak asam jawa pun berpotensi membasmi berbagai bakteri yang bisa menyerang tubuh. Bakteri yang dimaksud, di antaranya Salmonella typhi, yang menyebabkan demam tifoid, Staphylococcus aureus, yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit dan Bacillus subtilis, yang bisa menyebabkan keracunan makanan. 

Tentu, manfaat ini bisa didapatkan dengan maksimal apabila Anda mengkonsumsinya melalui cara yang sehat, yaitu dalam keadaan segar, bukan permen atau minuman kemasan.

Anda cukup mengupas kulit asam Jawa dan membersihkan serabut-serabut yang menutupi buah asam tersebut, kemudian mengonsumsinya.

Perlu diingat, terlalu banyak mengkonsumsi asam Jawa berisiko meningkatkan kadar gula darah dan bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Jadi, konsumsi secukupnya saja, ya. Jangan sampai, usaha untuk mendapatkan manfaat asam Jawa justru berbalik menimbulkan gangguan untuk kesehatan kita.

Sumber: https://www.cantika.com/read/1270859/
kenali-6-khasiat-asam-jawa-untuk-diabetes-dan-pencernaan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : manfaat, gula, asam, jawa, diabet



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more