BPBD Kirim 500 Lembar Karung dan Sembako Tangani Abrasi di Bancar

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bencana abrasi telah menerjang pesisir Desa Boncong, Kecamatan Bancar beberapa waktu lalu. Sebagai upaya penanganan, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada 10 November 2019 mengirim 500 lembar karung ke lokasi.

Ketika dikonfirmasi Reporter blokTuban.com, Plt. Kalaksa BPBD, Emil Pancoro menjelaskan, dari 65 Kilometer panjang pesisir pantai Bumi Wali hanya Kecamatan Bancar yang rawan abrasi.

Titik abrasi terakhir di Desa Boncong, dengan jumlah terdampak 22 Kepala Keluarga (KK). Selain karung tim juga mendistribusikan logistik berupa 22 paket Sembako.

"Semoga bantuan logistik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bermanfaat," terang Emil, Senin (11/11/2019).

Catatan Pemerintah Desa Boncong, Bancar pada 24 Oktober 2019 ada 15 rumah warga di pesisir yang rusak terdampak abrasi. Bencana tahunan tersebut datang saat peralihan musim, berupa gelombang tinggi disertai angin kencang.

Warga yang bermukim di pesisir Bumi Wali, tidak berani tidur sebelum jam sembilan malam. Di waktu tersebut gelombang dan angin kencang mulai datang. Mereka harus rela begadang hingga pukul 03.00 WIB dini hari, Karena takut sewaktu-waktu gelombang datang menyapu rumahnya.

"Kita tidak berani tidur mas, takut nanti terjadi yang tidak-tidak, kalau ditinggal tidur," ujar Jumi (48) warga Desa Boncong.

Dapur rumahnya, ungkap Jumi juga telah menjadi korban amukan gelombang tinggi. Setiap pagi, dia bersama keluarganya rutinatannya menata ulang batu-batu yang berada di belakang rumahnya sebagai fungsi pemecah ombak. [ali/lis]