Setiajit  Bagikan Air ke Daerah Rawan Kekeringan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (EDSM) Provinsi Jawa Timur Setiajit membagikan air bersih ke warga yang terdampak kekeringan. Sampai Minggu (10/11/2019) sudah 336 ribu air bersih yang dibagikan.

Sedikitnya 8 kecamatan yang sudah didroping air bersih oleh pria yang akan mencalonkan diri menjadi bupati dalam pilkada Tuban 2020 nanti tersebut.

Ke-8 kecamatan yang sudah merasakan bantuan air bersih dari Setiajit adalah Kecamatan Grabagan, Rengel, Kenduruan dan Jatirogo. Selain itu, ada Kecamatan Kerek, Bangilan, Senori dan Singgahan.

‘’Mobil tangki saya sudah mulai mengirim air ke warga sejak Senin 28 Oktober lalu. Sampai hari ini sudah 14 hari. Per hari rata-rata tiga tangki isi 8 ribu liter,’’ ujarnya saat membagikan air bersih di Desa Lajukidul Kecamatan Singgahan.

Dia mengaku rajin  turun ke desa-desa untuk menyerap aspirasi masyarakat. Saat berkunjung ke desa-desa pinggiran, Setiajit banyak menerima permintaan air bersih dari warga. Sehingga, permintaan itu dia layani.

‘’Intinya saya ingin membawa manfaat untuk masyarakat banyak. Saat ada permintaan air bersih dan saya bisa memberi, ya saya berikan,’’ ujar mantan Pejabat Bupati Jombang ini.

Jika masih ada warga yang kesulitan air bersih, pejabat asli Tuban ini menyatakan masih akan memberikan. Hanya, karena banyaknya usulan, pengiriman air harus giliran. 

Selain itu, jarak sumber air yang jauh dari lokasi pengiriman, menjadikan pengiriman agak lama.

‘’Sampai hari ini permintaan bantuan air bersih masih terus berdatangan. Dan akan kita upayakan untuk memenuhi,’’ katanya.

Di Desa Lajukidul yang dia datangi, memang banyak warga yang kesulitan air bersih. Kalau terus mengandalkan bantuan air bersih, tidak akan memecahkan masalah. 

Karena itu, dia ingin membantu yang lebih lagi, yakni dengan membuat sumur bor dalam kapasitas besar.

‘’Coba nanti kita teliti adakah kemungkinan untuk dibuatkan sumur artesis agar masalah air ini tidak terus muncul setiap tahun,’’ ungkapnya.

Selain air bersih, Setiajit juga menawarkan bantuan sambungan listrik gratis pada warga yang membutuhkan. Listrik ini akan menggunakan jalur PLN. Tahun ini, Setiajit sudah memberikan listrik gratis pada 321 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Tuban. Mereka berasal dari Kecamatan Jenu, Widang, Kerek dan Semanding.

‘’Bantuan itu berupa 321 sambungan listrik rumahan untuk warga dengan kapasitas 450 KWH,’’ tandasnya.[ono]