22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 10 November 2019 16:00

PBP: Ingin Tingkatkan Kualitas Pantomim Guru dan Murid

PBP: Ingin Tingkatkan Kualitas Pantomim Guru dan Murid

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pemuda Bergerak Plumpang (PBP) hari ini mengadakan workshop pantomim bagi guru beserta murid yang ada di Kecamatan Plumpang. Acara yang dipusatkan di aula Kantor Kecamatan Plumpang ini, diikuti oleh 48 guru dan murid dari sejumlah sekolah.

Salah satu perwakilan PBP, Bambang mengaku jika kegiatan ini didasari oleh gairah perkembangan pantomim yang harusnya tetap dijaga oleh para peserta didik maupun guru. Sebab, mengingat banyak pula event pantomime yang dilombakan pada tingkat daerah maupun wilayah provinsi.

Namun pada kenyataannya, proses pembelajaran salah satu aspek seni pertunjukkan ini masih saja kurang ditekuni serius oleh pelajar maupun pendidik di Kabupaten Tuban, terkhusus di Kecamatan Plumpang.

"Acara ini untuk anak sekolah SD dan gurunya. Harapannya nanti setelah ini, sekolah-sekolah saat ada perlombaan pantomime tidak usah mengundang pembina dari luar," ungkapnya kepada blokTuban.com, Minggu (10/11/2019).

Dalam workshop pantomime ini, sambungnya terdapat praktisi-praktisi pantomime yang khusus didatangkan dari dalam maupun luar kota Kabupaten Tuban. Supaya memeberikan materi dan praktek secara langsung nan gamblang kepada para peserta workshop.

Sebut saja Arif Ponco Atmojo. Praktisi pantomime asli Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, memberikan sejumlah materi dasar kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) peserta workshop. Sementara sekitar 18 guru SD, diberikan materi dan pembekalan khusus oleh Miftakhul Arifin S. Sn yang merupakan salah satu praktisi pantomim Jawa Timur asal kota Gresik.

Untuk anak-anak usia SD, Arif Ponco memberikan materi dengan pembawaan semi fun games. Hal itu sengaja ia terapkan untuk mempermudah akses masuk pemikiran anak-anak yang notabennya masih begitu saja dengan games.

"Pakai metode outbond, have fun. Kalau sudah senang materi bisa mudah masuk," papar lelaki yang akrab disapa Arif Ponco itu.

Sedangkan penyampaian materi gerak dasar pantomime, disampaikan oleh Kang Arif Gresik begitu santai terhadap para guru yang notabennya masih belum tahu dasar dan teknik gerak pantomime.

Selain itu, turut hadir praktisi pantomime asal kota Ledre, Kabupaten Bojonegoro, Takim yang memberi polesan lebih kepada peserta workshop untuk mendapat hasil karya yang siap dipertunjukkan.

"Ya senang, banyak belajar pantomime. Tadi belajar tentang pantomime, gerak naik sepeda, adegan makan, minum, tarik tambang, dan banyak lagi," ucap Giovani, siswa kelas 5 asal SDN Sumberagung I.

Kedepan, Pemuda Bergerak Plumpang bakal mengadakan event serupa disejumlah tempat. Terlebih diwilayah Tuban pinggiran, seperti Kcamatan Widang, Rengel, Soko, serta kecamatan lainnya. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Guru, siswa, pantomime



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more