17:00 . Berkah Salat Dhuha, Guru TPQ ini Bisa Dapat Hadiah Umroh   |   16:00 . Bayi Penderita Kelainan Usus Akhirnya Meninggal   |   15:00 . Pentingnya Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Dini   |   14:00 . Perhatian Pemkab Tuban ke TPQ Diungkap di Hadapan 7000 Guru   |   13:00 . Tahun Ini Gaji Guru TPQ Naik 100 Persen   |   12:00 . Polres Tuban Raih Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Dari Kemenpan-RB   |   11:00 . UMK Tuban Rp2,5 Juta, Begini Sikap Serikat Pekerja Nasional   |   10:00 . 15 Persen Balita di Tuban Masih Gizi Buruk   |   09:00 . Awas! Merusak Fasilitas Umum, Pidana 3 Bulan, Denda Rp50 Juta   |   08:00 . Bayi Alami Kelainan Usus Butuh Uluran Tangan Anda   |   07:00 . 7 Fakta tentang Menyusui   |   19:00 . Rekrutmen Panwascam   |   18:00 . Tutup Buku PTSL 2019, Begini Hasilnya   |   17:00 . Usia 81 Tahun Ikuti Nikah Masal, Begini Ungkapan Kebahagiaannya   |   16:00 . UMK Tuban Disahkan 2,5 Juta, Perusahaan yang Tak Sanggup Bisa Lakukan ini   |  
Fri, 22 November 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 07 November 2019 07:00

Tips Cegah Anak Sakit di Musim Hujan

Tips Cegah Anak Sakit di Musim Hujan

Reporter: -

blokTuban.com - Virus penyakit bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali anak. Apalagi, Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Ya Moms, biasanya pilek, diare, hingga tifus menjadi penyakit yang rentan menyerang anak.

Sebagai orang tua, Anda tentunya tak ingin melihat si kecil sakit. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang anak.

Nah Moms, berikut adalah 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anak terserang penyakit di musim hujan. 

1. Rajin Cuci Tangan

Cara pertama adalah memastikan dan mengajarkan anak untuk rajin mencuci tangannya sebelum makan. Kebiasaan baik ini dilakukan agar tangan si kecil bebas dari berbagai jenis kuman penyakit. Pasalnya anak gemar sekali pegang banyak hal yang mungkin saja menjadi sumber penyakit.

Pastikan anak mencuci tangan dengan benar dan biasakan anak menggunakan sabun saat cuci tangan ya, Moms. 

2. Pastikan Anak Menggunakan Pakaian yang Hangat

Moms, di musim hujan seperti saat ini anak mudah sekali merasa dingin. Jadi pastikan si kecil menggunakan pakaian hangat seperti: jaket, kaus kaki, baju atau celana panjang dan sebagainya. Pastikan pula ketika malam hari anak menggunakan selimutnya agar tetap merasa hangat.

3. Cegah Perkembangan Nyamuk

Saat musim hujan, genangan air semakin banyak. Hal itu, bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk, Moms. Alhasil nyamuk demam berdarah dan malaria bisa saja meningkat.

Untuk mencegah anak terkena demam berdarah, Anda harus rutin mengosongkan genangan air di rumah. Untuk mencegah gigitan nyamuk saat anak tidur, Anda bisa menggunakan kelambu.

4. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi juga penting untuk menunjang sistem kekebalan tubuh anak. Ya Moms, pastikan anak mendapat gizi yang seimbang yang bersumber dari aneka sayur, buah-buahan, daging, hingga kacang-kacangan. Apa tujuannya? Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil agar kuat dan bebas dari penyakit. Saat sistem kekebalan tubuh anak baik berarti ia akan terlindung dari berbagai macam penyakit di musim hujan, Moms.

5. Minum Air Putih

Selain mengkonsumsi buah, sayur, hingga daging Anda juga perlu memastikan si kecil rajin minum air putih. Rutin minum air putih dapat mendukung proses aktivitas sel, mencegah dehidrasi, hingga terhindar dari gangguan pencernaan dan infeksi saluran air kemih.

Pastikan air yang dikonsumsi anak bersih. Pasalnya sejumlah penyakit seperti diare dan kolera disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Jadi selalu pastikan bahwa anak minum air yang bersih dan aman untuk menghindari infeksi dan penyakit yang ditularkan melalui air.

6. Jauhkan dari Orang yang Sedang Sakit

Untuk menghindari anak terkena penyakit Anda bisa menjauhkan si kecil sementara waktu dari orang-orang yang sedang sakit. Bila anggota keluarga di rumah ada yang sakit, maka Anda bisa memintanya untuk menggunakan masker dan menutup mulutnya ketika bersin dan batuk untuk mengurangi risiko penularan penyakit.

*Sumber: kumparan.com.

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more