16:00 . Hingga Bulan April, Dinsos PPPA Catat Ada 11 Kasus Kekerasan Anak   |   15:00 . 128 Napi di Tuban Dapat Remisi Idul Fitri   |   14:00 . 4 Bulan, di Tuban Ada 8 Kasus Kekerasan Perempuan   |   13:00 . 2.245 Warga Tuban Terindikasi Menderita Hipertensi   |   12:00 . Usai Salat Idul Fitri, Warga Lanjutkan Tradisi Ziarah Makam   |   11:00 . Kominda Dihapus, Begini Cara Kesbangpol Ketahui Potensi Konflik   |   10:00 . 892 Warga Tuban Menderita Diabetes, ini Cara yang Dilakukan Dinkes   |   09:00 . Laksanakan Salat Ied Tanpa Jamaah Perempuan, Ibu-Ibu di Rumah Saja   |   08:00 . Open House Bersama Bupati dan Wabup Ditiadakan   |   07:00 . 4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran   |   13:00 . Bertahan di Tengah Pandemi, Bengkoang Parengan Masih Diminati   |   12:00 . Atas Arahan Bupati, Takmir Masjid Agung Tuban Tiadakan Salat Id   |   08:00 . Pasien Sembuh Klaster Temboro Terus Bertambah   |   07:00 . 6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri   |   00:00 . Selamat Idul Fitri 1441 H   |  
Mon, 25 May 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 07 November 2019 07:00

Tips Cegah Anak Sakit di Musim Hujan

Tips Cegah Anak Sakit di Musim Hujan

Reporter: -

blokTuban.com - Virus penyakit bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali anak. Apalagi, Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Ya Moms, biasanya pilek, diare, hingga tifus menjadi penyakit yang rentan menyerang anak.

Sebagai orang tua, Anda tentunya tak ingin melihat si kecil sakit. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang anak.

Nah Moms, berikut adalah 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anak terserang penyakit di musim hujan. 

1. Rajin Cuci Tangan

Cara pertama adalah memastikan dan mengajarkan anak untuk rajin mencuci tangannya sebelum makan. Kebiasaan baik ini dilakukan agar tangan si kecil bebas dari berbagai jenis kuman penyakit. Pasalnya anak gemar sekali pegang banyak hal yang mungkin saja menjadi sumber penyakit.

Pastikan anak mencuci tangan dengan benar dan biasakan anak menggunakan sabun saat cuci tangan ya, Moms. 

2. Pastikan Anak Menggunakan Pakaian yang Hangat

Moms, di musim hujan seperti saat ini anak mudah sekali merasa dingin. Jadi pastikan si kecil menggunakan pakaian hangat seperti: jaket, kaus kaki, baju atau celana panjang dan sebagainya. Pastikan pula ketika malam hari anak menggunakan selimutnya agar tetap merasa hangat.

3. Cegah Perkembangan Nyamuk

Saat musim hujan, genangan air semakin banyak. Hal itu, bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk, Moms. Alhasil nyamuk demam berdarah dan malaria bisa saja meningkat.

Untuk mencegah anak terkena demam berdarah, Anda harus rutin mengosongkan genangan air di rumah. Untuk mencegah gigitan nyamuk saat anak tidur, Anda bisa menggunakan kelambu.

4. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi juga penting untuk menunjang sistem kekebalan tubuh anak. Ya Moms, pastikan anak mendapat gizi yang seimbang yang bersumber dari aneka sayur, buah-buahan, daging, hingga kacang-kacangan. Apa tujuannya? Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh si kecil agar kuat dan bebas dari penyakit. Saat sistem kekebalan tubuh anak baik berarti ia akan terlindung dari berbagai macam penyakit di musim hujan, Moms.

5. Minum Air Putih

Selain mengkonsumsi buah, sayur, hingga daging Anda juga perlu memastikan si kecil rajin minum air putih. Rutin minum air putih dapat mendukung proses aktivitas sel, mencegah dehidrasi, hingga terhindar dari gangguan pencernaan dan infeksi saluran air kemih.

Pastikan air yang dikonsumsi anak bersih. Pasalnya sejumlah penyakit seperti diare dan kolera disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Jadi selalu pastikan bahwa anak minum air yang bersih dan aman untuk menghindari infeksi dan penyakit yang ditularkan melalui air.

6. Jauhkan dari Orang yang Sedang Sakit

Untuk menghindari anak terkena penyakit Anda bisa menjauhkan si kecil sementara waktu dari orang-orang yang sedang sakit. Bila anggota keluarga di rumah ada yang sakit, maka Anda bisa memintanya untuk menggunakan masker dan menutup mulutnya ketika bersin dan batuk untuk mengurangi risiko penularan penyakit.

*Sumber: kumparan.com.

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more