19:00 . Konektor Listrik Dekat Pemukiman Terbakar, Warga Sidorejo Panik   |   15:00 . Mahasiswa Ini Bisa Meraup Omzet Hingga Rp60 Juta per Bulan   |   12:00 . Selain Perketat Mapolres, Pengamanan Mapolsek Diperketat   |   11:00 . Pendaftaran CPNS Dibuka, Permintaan SKCK di Polres Tuban Meningkat   |   10:00 . Di Tuban Solar Langka, Ini yang Dilakukan Sopir Truk   |   09:00 . Tanggul Diurug Ambles Lagi   |   08:00 . Ngaji Blusukan Bareng Gus Miftah, Bupati Singgung Angka Pengangguran   |   07:00 . Cerita Drama Tangisan Anak, Agar Keinginannya Terpenuhi   |   20:00 . Live Streaming Bawaslu Bumi Wali Bersholawat Bersama Ust Ridwan Asyfi   |   19:00 . Pasca Insiden Ledakan Bom Bunuh Diri di Medan, Penjagaan Mapolres Tuban Diperketat   |   17:00 . Kunjungi Puskesmas Jenu, Begini Reaksi DPRD Komisi IV   |   17:00 . Berikut Kriteria Pelamar CPNS 2019 Khusus Disabilitas   |   16:00 . Pelajar Tuban Terasah Ketrampilannya Membuat Vlog   |   15:00 . Korban Puting Beliung Jegulo Terima Bantuan Logistik   |   14:00 . Puting Beliung Sisakan PR Warga Klumpit   |  
Fri, 15 November 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 07 November 2019 09:00

Inovasi Puskesmas Jenu Juarai Tubernova 2019

Inovasi Puskesmas Jenu Juarai Tubernova 2019

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Konferensi Kawan adalah singkatan dari Kolaborasi Antar Profesi untuk Keluarga Rawan, yang merupakan upaya intervensi melalui pendekatan keluarga melibatkan tim antar profesi yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, nutrisionis/petugas gizi, sanitarian, dan apoteker.

Kegiatan ini juga mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) didasarkan pada data dan informasi dari profil kesehatan keluarga (Prokesga).

Pada Oktober 2019 lalu, tim OKE SIP Puskesmas Jenu menjadi salah satu nominasi yang dapat mempresentasikan inovasinya di depan lima orang Juri yaitu, Supiana Dian Nurtjahyani, Kemal Khoirur Rahman, Yuda Satria Aditama SS, Hadi Supratikta, dan Andjar Prasetyo.

Puskesmas Jenu membuat inovasi program berdasarkan hasil pendataan program Indonesia sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada tahun 2018 ditemukan 922 KK (6,13 %) dengan hasil Indeks Keluarga Sehat (IKS) < 0,500. Sehingga masuk dalam kategori keluarga tidak sehat dan penderita dengan hipertensi tidak berobat teratur menjadi permasalahan dominan.

"Untuk meningkatkan IKS diprakarsai kegiatan inovasi konferensi kawan," kata Kepala Puskesmas Jenu, dr. Dede Kurniawati kepada reporter blokTuban.com, Kamis (7/11/2019).

Metode yang digunakan dalam kegiatan inovasi konferensi kawan berdasarkan tingkatan intervensi tingkat keluarga berupa kunjungan rumah. Tingkat desa berupa penyuluhan dan skrining PTM. Tingkat kecamatan berupa Focus Group Discussion (FGD), Germas (Gerakan masyarakat Hidup Sehat).

Dari kegiatan inovasi ini didapatkan hasil peningkatan IKS dari 0,236 menjadi 0,241 dan adanya penurunan jumlah KK tidak sehat dari 6,13 % (922 KK) menjadi 0,88% (133 KK). Dari 922 KK yang dilakukan intervensi Tingkat Kemandirian keluarga terdapat 75% keluarga meningkat Tingkat Kemandirian.

Selain itu, terdapat peningkatan pada anggota keluarga rawan yang tidak berobat teratur menjadi berobat teratur setelah dilakukan intervensi kunjungan rumah.

Adapun manfaat dari pengembangan inovasi ini meningkatkan Indeks Keluarga Sehat, meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif, gangguan kesehatan dapat dipantau dan dideteksi dini.

Selain itu, meningkatnya kemandirian keluarga, meningkatnya peran serta masyarakat dalam pengembangan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), mendukung pencapaian Standart Pelayanan Minimal Kabupaten, dan memberi kontribusi peningkatan IPM.

Kegiatan konferensi kawan merupakan inovasi yang berkelanjutan dengan prospek pengembangan berupa KABAR (Kawasan Bebas Asap Rokok), SEMARAK (Sehat Mata Rawat Berkala), GEMILANG (Gemar Makan Ikan Lengkapi Gizi Seimbang), BBM (BUNDA DARSI, BU MARSINI, MAK SUSANTI), BAGUS (Bahagia di Usia Senja), ASSIK (Anak Sekolah Sehat Iman Kuat), MINI GAME (Pahami dan Layani Gangguan Mental Emosional), dan NIAT BU CAMAT (Nikah Sehat Ibu dan Calon Anak Selamat)

"Dari inovasi ini beserta prospek pengembangan inovasinya mampu menghantarkan Puskesmas Jenu menjadi puskesmas dengan status Akreditas Paripurna, selain itu konferensi kawan dapat menjadi program inovasi terbaik pertama dalam Tubernova 2019," tutupnya. [ali/rom]

Tag : puskesmas

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more