2020, Jalan Lingkar Selatan Tuban Disuntik Rp80 M

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dua hari yang lalu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur di Kecamatan Semanding, Grabagan dan Soko.

Wabup didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tuban meninjau pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS), ruas jalan Grabagan-Rengel, ruas Jalan Prambontergayang, Kecamatan Soko, dan kantor Kecamatan Semanding.

Noor Nahar menyampaikan, peninjauan kali ini untuk mengetahui perkembangan pembangunan di sejumlah proyek mengingat sudah mendekati akhir masa kontrak tahun 2019.

Pada pembangunan JLS, Wabup bersama rombongan melihat perkembangan section 2 tepatnya di desa Penambangan, Semanding. Dijelaskan kalau pembangunan JLS berjalan sesuai dengan timeline pembangunan dan saat ini, tengah dilakukan proses pengaspalan. Juga akan dilakukan penyesuaian pengerjaan karena ada usulan dari Kepala Desa Penambangan dan warga yang khawatir rumahnya kebanjiran.

“Proses ini tidak memerlukan waktu yang lama,” ungkap politisi asal Rengel, Rabu (6/11/2019).

Pada tahun 2019 pembangunan JLS mencapai 6,1 kilometer yang terbagi menjadi 3 section dan ditargetkan selesai akhir tahun 2019. Pada tahun 2020, pembangunan JLS akan dilanjutkan dengan kisaran biaya mencapai Rp80 miliar.

“Sudah masuk dalam R-APBD dan KUA PPS,” jelasnya.

Sementara itu, pada proyek ruas jalan Grabagan-Rengel dilakukan pelebaran jalan yang semula empat meter menjadi 5,5 meter.

Pelebaran ini untuk mempermudah akses jalan bagi masyarakat ke Kota Tuban, maupun wilayah sekitar jalur alternatif ini. Selanjutnya, pengerjaan ruas jalan Prambontergayang juga berjalan sesuai jadwal.

Untuk pembangunan dan pelebaran ruas jalan bertujuan  meningkatkan aksesbilitas dan mobilitas masyarakat. Diharapkan, mampu mendukung percepatan gerak roda perekonomian masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan sosial masyarakat.

"Mengingat, masyarakat memanfaatkan jalan ini untuk mengantar anak sekolah maupun berkegiatan lain," imbuhnya. Pemkab Tuban mendorong pihak pengembang agar dapat menyelesaikan proyek tepat waktu.

Pemkab mengaku optimis proyek JLS, pelebaran jalan Grabagan-Rengel, dan ruas jalan Prambontergayang akan selesai tepat waktu. Selain tiga proyek tersebut, Pemkab Tuban juga akan mendorong percepatan pengerjaan dan pengawasan intensif terhadap proyek lain yang tengah dikerjakan.

"Sehingga semua proyek dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan rencana awal," pungkasnya. [ali/rom]