16:00 . PT. TPPI Renovasi 9 Rumah Tidak Layak Huni di Tuban   |   14:00 . Selain Rapat Umum, Jenis Kampanye Ini Ditiadakan   |   12:00 . PRKP Akan Sanksi Tegas Pengerusak Westafel Umum   |   10:00 . Rekam Percakapan Serang Bank Jatim, Pria Ini Mohon Maaf   |   07:00 . Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi   |   19:00 . Jasad Pencari Udang Rebon Ditemukan Mengambang di Pantai Boom Tuban   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Unirow Launching Kuliah Pascasarjana   |   16:00 . BPBD Berikan Bantuan Korban Bencana Puting Beliung   |   15:00 . Dapat Nomor Urut 1, Begini Langkah Mbak Ana-De Anwar Menangkan Pilkada   |   14:00 . Ini Hasil Pengundian Nomor Urut Pasangan Cabup-Cawabup Tuban   |   13:00 . KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada dan Undi Nomor Urut   |   09:00 . Kurangi Impor Petrokimia, Menteri Perindustrian Dukung Proyek Revamping TPPI   |   08:00 . SIG Dukung Modal dan Pendampingan UMKM Klaster Perikanan di Jenu   |   07:00 . 3 Tips Tenangkan Bayi yang Menangis   |  
Sat, 26 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 05 November 2019 11:00

PMII Tuban, Adakan Aksi Jilid Dua Kupas Tuntas Mafia Retribusi di Bumi Wali

PMII Tuban,  Adakan Aksi Jilid Dua Kupas Tuntas Mafia Retribusi di Bumi Wali

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Tak kunjung mendapatkan kejelasan, puluh aktifis mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Tuban, adakan aksi jilid dua terkait kupas tuntas mafia retribusi di Bumi Wali. Di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daeah (DPRD) Tuban. 

Ketua PC. PMII Tuban,  Musthofatul Adib mengatakan, sejak tahun 1922 koperasi - koperasi perikanan di Pulau Jawa telah melaksanakan Pelelangan di Indonesia dengan tujuan untuk  mendukung nelayan dari permainan harga oleh tengkulak dan membantu para nelayan mendapatkan harga yang pantas serta mengembangkan usaha.  Namun dalam pelaksanaannya terjadi pasang surut, berdasrkan data  kementrian koper dan usaha kecil menengah  tahun 2018 dari semula 144 koperasi perikanan di Pulau Jawa.

"Saat ini, hanya  tersedia 48 koperasi perikanan yang melakukan Pelelangan ikan,"ungkap Adib, Selasa, (5/11/2019)

Lebih lanjut, berdasrakan peraturan menteri Kelautan dan Perikanan nomor 80/men/2012 tentang ke pelabuhan perikanan yaitu,  Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  terdiri dari Dinas Perikanan atau dipihak ketiga koperasi seperti hal PERBUP nomor 58 tahun 2016 tentang uraian tugas.

"Fungsi dan tata kerja Dinas Perikanan dan Pertenakan Kabupaten Tuban, dimana pada pasal 30 ayat 2  menerangkan mengenai fungsi pengelolaan," ungkapnya.

Berdasarkan hasil riset PC. PMII Tuban mengenai anggaran PAD TPI Palang tahun 2019 bulan Januari sampai Agustus berjumlah 1.736.435.00 dan data dari Dinas Perikanan PAD TPI Palang sebesar 549.696.000 sehingga terindikasi praktik penyelewengan anggran dana retribusi TPI Palang sebesar 1.186.739.000 problem selama ini, Dinas Perikanan masih membisu mengenai keresahan masyarakat nelayan.

Selain itu,  Dinas terkesan tidak memahami kondisi masyarakat nelayan karena sering kali adanya miss komunikasi mengenai pembangunan yang ada di TPI.

"Seperti, program pembangunan paving yang diberikan Dinas Perikanan ditolak masyarakat nelayan sebab, tidak sesuai dengan kebutuhan nelayan,"tandasnya. [nid/ito]

Dari permasalahan tersebut, PC PMII Tuban menyatakan sikap:
1. DPRD segera ikut mengawal sampai  dilakukan Audit seluruh PAD Palang.
2.DPRD harus menfasilitasi pertemuan antara PMII Tuban, nelayan, Dinas Perikanan, Komisi II DPRD dengan Bupati Tuban.

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pc, aksi, pmii



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more