07:00 . Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh   |   16:00 . Hingga Bulan April, Dinsos PPPA Catat Ada 11 Kasus Kekerasan Anak   |   15:00 . 128 Napi di Tuban Dapat Remisi Idul Fitri   |   14:00 . 4 Bulan, di Tuban Ada 8 Kasus Kekerasan Perempuan   |   13:00 . 2.245 Warga Tuban Terindikasi Menderita Hipertensi   |   12:00 . Usai Salat Idul Fitri, Warga Lanjutkan Tradisi Ziarah Makam   |   11:00 . Kominda Dihapus, Begini Cara Kesbangpol Ketahui Potensi Konflik   |   10:00 . 892 Warga Tuban Menderita Diabetes, ini Cara yang Dilakukan Dinkes   |   09:00 . Laksanakan Salat Ied Tanpa Jamaah Perempuan, Ibu-Ibu di Rumah Saja   |   08:00 . Open House Bersama Bupati dan Wabup Ditiadakan   |   07:00 . 4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran   |   13:00 . Bertahan di Tengah Pandemi, Bengkoang Parengan Masih Diminati   |   12:00 . Atas Arahan Bupati, Takmir Masjid Agung Tuban Tiadakan Salat Id   |   08:00 . Pasien Sembuh Klaster Temboro Terus Bertambah   |   07:00 . 6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri   |  
Mon, 25 May 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 05 November 2019 07:00

7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Tumbuh Kembang Anak

7 Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Tumbuh Kembang Anak

Reporter: -

blokTuban.com - Di era yang serba digital ini, tidak mungkin rasanya menghindarkan gadget dari anak. Ya Moms, gadget sebenarnya juga bermanfaat untuk anak agar si kecil 'melek' teknologi sejak dini. Meski begitu, sebelum mengenalkan gadget pada anak, Anda sebaiknya memahami aturannya terlebih dahulu.

Jangan sampai niat baik Anda bersama pasangan untuk mengenalkan teknologi pada si kecil, justru berbalik membuat anak candu terhadap gadget yang bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya. Ya, Moms, kecanduan gagdet pada anak, menurut dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi memiliki pengaruh buruk terhadap tumbuh kembangnya. Di antaranya adalah:

Penurunan Perkembangan Otak

Pada lima tahu pertama kehidupan, otak anak berkembang sangat pesat. Hasil studi menunjukkan bahwa anak yang terlalu sering bermain gagdet akan mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan anak menjadi kurang perhatian terhadap lingkungan sekitarnya.

Bahaya Radiasi

Hasil penelitian di Universitas Leeds, Nottingham, Universitas Manchester dan Institute of Cancer di London menyatakan bahwa saraf anak yang masih berkembang dan tulang tengkorak masih tipis, membuat anak rentan terkena radiasi ponsel. Penggunaan ponsel didekat kepala dikhawatirkan akan menghancurkan sel otak anak.

Penurunan Kemampuan Interaksi Sosial

Penulis buku iBrain: Surviving The Technological Alternationf of the Modern Mind, dr. Gary Small mengatakan anak-anak yang menghabiskan waktu terlalu banyak dengan teknologi, akan mengurangi interaksi dan mengganggu keterampilan komunikasi.

Obesitas

Anak yang menghabiskan waktu bermain di depan layar gadget tidak mampu membakar kalori di tubuhnya. Satu dari tiga anak di Amerika Serikat mengalami obesitas yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit seperti diabetes, serangan jantung dan stroke.

Merusak Penglihatan

Kontak yang terlalu lama di depan gagdet dapat merusak mata si kecil, Moms. Menurut ahli kesehatan anak, penglihatan yang baik diperoleh jika anak menatap benda dari jarak yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang kecanduan bermain gagdet lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka

Kurangnya Minat Bermain di Alam Terbuka

Anak yang kecanduan bermain gagdet juga menjadi kurang tertarik bermain di alam terbuka. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa menatap layar gagdet setiap harinya dan tidak tertarik dengan interaksi fisik.

Tempramental

Apakah anak Anda menjadi agresif? Coba perhatikan perilaku anak yang berinteraski dengan gadget berjam-jam. Tantrum adalah bentuk umum dari agresifitas pada anak, terutama anak balita. Sikap agresif dan tantrum ini merupkan akibat dari paparan gadget yang terlalu berlebihan. Ketika mereka tumbuh dewasa, anak-anak yang kecanduan gagdet lebih besar kemungkinannya untuk tidak mematuhi orang tuanya, Moms.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more