22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |   13:00 . Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat   |   12:00 . Suara Nu Diklaim Utuh Ke Pasangan Mbak Ana-De Anwar   |   11:00 . Korslenting listrik, Kandang Sapi Terbakar   |   10:00 . 59 Warga Rengel Pilih Bayar Rp100 Ribu   |   09:00 . Berdayakan UMKM, Bupati Tuban Dianugerahi Natamukti   |   08:00 . Hari Ini Kesempatan Terakhir Peserta Tes CPNS Kirim Hasil Rapid Test   |  
Sat, 19 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 02 November 2019 09:00

Diklatsar Jurnalistik, Majalah Blantika SMAN 1 Rengel Fokus Materi News

Diklatsar Jurnalistik, Majalah Blantika SMAN 1 Rengel Fokus Materi News

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan murid yang tergabung dalam ekskul jurnalistik Majalah Blantika Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rengel Tuban, hari ini mendapatkan materi news dalam Pendidikan latihan dasar (Diklatar)jurnalistik, Sabtu (2/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu ruang pembelajaran ini, diisi oleh pemateri tunggal dari Asosiasi Media Siber Indonedia (AMSI) Jawa Timur Korda Mataraman M. Abdul Qohhar.

"Kita lebih fokus dulu pada penulisdan news, atau berita langsung. Karena news ini penting untuk membiaskan bagaimana menulis yang baik dan benar," kata pemateri yang akrab disapa Koko itu.

Jika dalam penulisan berita langsung atau news sudah benar, maka kedepan siswa bakal melakukan aktivitas menulis yang baik pula. Kuncinya menulis berita news, adalah harus benar terlebih dulu cara menulisnya.

‎Lelaki yang juga merupakan CEO Blok Media Group (BMG) ‎ini menjelaskan, kunci dasar jurnalistik ada 3, yakni dengan kata COS. COS sendiri merupakan rangkuman huruf dari poin Cari, Olah dan Saji.

"‎Pertama Cari. Mencari data dengan teknik penggalian, baik wawancara dan observasi," terangnya.

‎Setelah mencari dan mendapatkan data, proses lanjutan membuat berita adalah mengolahnya. Olah data yang masuk ke dapur redaksi, bila sudah layak menjadi naskah utuh akan disajikan dalam bentuk berita media masing-masing.

"Akhirnya, bisa menyajikan berita yang sudah diolah.‎ Kalau di SMA Negeri 1 Rengel ya dalam bentuk Majalah Blantika‎," lengkap Dosen STIKes ICsada Bojonegoro tersebut.

Selain memberikan materi tentang berita news, para siswa saat awal pembukaan Diklatsar juga diberikan pemateri gambaran ‎pengertian perihal aspek penting dalam sebuah pemberitaan. Yakni penjabaran ruang lingkup opini melalui media selembar kertas.

‎Tak kurang dari 30 siswa anggota ekskul Jurnalistik dihimbau agar melipat kertas seusai keinginannya masing-masing. Kemudian sejumlah lipatan tadi diinstruksikan untuk disobek di beberapa bagian. Tentu dengan keinginan maupun selera masing-masing.

Alhasil, setelah lipatan kertas yang telah disobek oleh mereka ‎dibuka, terdapat sejumlah pola dan lubang yang bebeda pada masing-masing. Inilah yang kemudian ditangkap siswa, bahwa opini adalah suatu perspektif tak tentu terkait hal‎ satu dengan lainnya. [feb/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sman rengel, belajar, diklat jurnalistik, jurnalis



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more