17:00 . Berkah Salat Dhuha, Guru TPQ ini Bisa Dapat Hadiah Umroh   |   16:00 . Bayi Penderita Kelainan Usus Akhirnya Meninggal   |   15:00 . Pentingnya Toleransi Beragama Ditanamkan Sejak Dini   |   14:00 . Perhatian Pemkab Tuban ke TPQ Diungkap di Hadapan 7000 Guru   |   13:00 . Tahun Ini Gaji Guru TPQ Naik 100 Persen   |   12:00 . Polres Tuban Raih Penghargaan Kategori Pelayanan Prima Dari Kemenpan-RB   |   11:00 . UMK Tuban Rp2,5 Juta, Begini Sikap Serikat Pekerja Nasional   |   10:00 . 15 Persen Balita di Tuban Masih Gizi Buruk   |   09:00 . Awas! Merusak Fasilitas Umum, Pidana 3 Bulan, Denda Rp50 Juta   |   08:00 . Bayi Alami Kelainan Usus Butuh Uluran Tangan Anda   |   07:00 . 7 Fakta tentang Menyusui   |   19:00 . Rekrutmen Panwascam   |   18:00 . Tutup Buku PTSL 2019, Begini Hasilnya   |   17:00 . Usia 81 Tahun Ikuti Nikah Masal, Begini Ungkapan Kebahagiaannya   |   16:00 . UMK Tuban Disahkan 2,5 Juta, Perusahaan yang Tak Sanggup Bisa Lakukan ini   |  
Fri, 22 November 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 02 November 2019 09:00

Diklatsar Jurnalistik, Majalah Blantika SMAN 1 Rengel Fokus Materi News

Diklatsar Jurnalistik, Majalah Blantika SMAN 1 Rengel Fokus Materi News

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan murid yang tergabung dalam ekskul jurnalistik Majalah Blantika Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rengel Tuban, hari ini mendapatkan materi news dalam Pendidikan latihan dasar (Diklatar)jurnalistik, Sabtu (2/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu ruang pembelajaran ini, diisi oleh pemateri tunggal dari Asosiasi Media Siber Indonedia (AMSI) Jawa Timur Korda Mataraman M. Abdul Qohhar.

"Kita lebih fokus dulu pada penulisdan news, atau berita langsung. Karena news ini penting untuk membiaskan bagaimana menulis yang baik dan benar," kata pemateri yang akrab disapa Koko itu.

Jika dalam penulisan berita langsung atau news sudah benar, maka kedepan siswa bakal melakukan aktivitas menulis yang baik pula. Kuncinya menulis berita news, adalah harus benar terlebih dulu cara menulisnya.

‎Lelaki yang juga merupakan CEO Blok Media Group (BMG) ‎ini menjelaskan, kunci dasar jurnalistik ada 3, yakni dengan kata COS. COS sendiri merupakan rangkuman huruf dari poin Cari, Olah dan Saji.

"‎Pertama Cari. Mencari data dengan teknik penggalian, baik wawancara dan observasi," terangnya.

‎Setelah mencari dan mendapatkan data, proses lanjutan membuat berita adalah mengolahnya. Olah data yang masuk ke dapur redaksi, bila sudah layak menjadi naskah utuh akan disajikan dalam bentuk berita media masing-masing.

"Akhirnya, bisa menyajikan berita yang sudah diolah.‎ Kalau di SMA Negeri 1 Rengel ya dalam bentuk Majalah Blantika‎," lengkap Dosen STIKes ICsada Bojonegoro tersebut.

Selain memberikan materi tentang berita news, para siswa saat awal pembukaan Diklatsar juga diberikan pemateri gambaran ‎pengertian perihal aspek penting dalam sebuah pemberitaan. Yakni penjabaran ruang lingkup opini melalui media selembar kertas.

‎Tak kurang dari 30 siswa anggota ekskul Jurnalistik dihimbau agar melipat kertas seusai keinginannya masing-masing. Kemudian sejumlah lipatan tadi diinstruksikan untuk disobek di beberapa bagian. Tentu dengan keinginan maupun selera masing-masing.

Alhasil, setelah lipatan kertas yang telah disobek oleh mereka ‎dibuka, terdapat sejumlah pola dan lubang yang bebeda pada masing-masing. Inilah yang kemudian ditangkap siswa, bahwa opini adalah suatu perspektif tak tentu terkait hal‎ satu dengan lainnya. [feb/rom]

Tag : sman rengel, belajar, diklat jurnalistik, jurnalis

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more