Ini Cabang yang Hari Ini Masuk Final MTQ

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Hari ini, di hari kelima pelaksanaan musabaqah tilawatil quran (MTQ) tingkat Jawa Timur di Kabupaten Tuban, tuan rumah sudah memastikan final di dua cabang.

Dua cabang itu adalah musabaqah fahmil quran (MFQ) beregu putra dan musabaqah khattil quran (MKQ) putra dari golongan hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer.

‘’Jadi ada 6 kafilah yang hari ini final. Tiga orang MFQ beregu putra dan dua kafilah di MKQ,’’ ujar Khoirul Muqim Ketua Kafilah Kabupaten Tuban,Kamis  (31/10/2019).

Dia mengatakan, MFQ putra yang masuk final adalah Muhammad Fahd Al ‘Ajamy, Ahmad Alif Azka dan M. Zaim Muhyidin. Saat di babak semifinal, ketiganya berhasil memperoleh jumlah skor 1.525.

Sedang MKQ yang masuk final dari golongan hiasan mushaf atasnama Kasiful Amin, MKQ golongan khat dekorasi putra atasnama Ahmad Ma’ruf Zulfa serta golongan kontemporer atasnama Suwarno..

‘’Tempat tanding final MKQ dan MFQ semuanya di SMP Bas,’’ jelasnya.

 Selain 6 kafilah yang masuk final itu, di hari kelima pelaksanaan MTQ ini, ada 16 kafilah lain asal Tuban yang juga bertanding.

Sehingga hari ini ada 22 kafilah Tuban yang bertanding di 6 cabang dengan 16 golongan. Yakni cabang tilawah dengan 7 golongan, di antaranya tilawah dewasa, anak-anak dan qiraat sab’ah murattal remaja. 

Juga golongan tilawah tuna netra, tartil dan tilawah remaja. Untuk golongan tilawah remaja turun dua kafilah serta qiraat sab’ah murattal dewasa.

Kemudian cabang tafsir dua golongan yakni bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Lalu cabang MKQ dengan tiga golongan;hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer yang masuk final.

Selain itu kafilah Tuban juga turun di cabang musabawah syarhil quran (MSQ) beregu putri, MFQ beregu putra yang masuk final serta MHQ dua golongan, yakni 5 juz dan tilawah serta 20 juz. Untuk MHQ 20 juz ini dua kafilah yang bertanding. 

‘’Mohon doa dukungannya agar para kafilah meraih prestasi terbaik,’’ harap Muqim.[ono]