20:00 . Baru Ada 37.900 Anak di Tuban yang Punya KIA   |   18:00 . Hadapi Tahun 2020, Kartar Tuban Study Banding ke Bandung   |   17:00 . Akhir Tahun, PA Putus 2.428 Pasangan   |   16:00 . Cangkruk Mathuk di Tuban: Cara Mengelola Bisnis Media Online   |   15:00 . Alat Musik Rusak, Plafon SDN Rahayu Diterjang Puting Beliung   |   14:00 . Setiajit Datangi Lokasi Kilang Tuban   |   13:00 . Pendapatan Dinas Perhubungan Tuban Terealisasi 9,2 Miliar   |   10:00 . Akhir Tahun 2019, 92,07 Persen Anak Di Tuban Sudah Memiliki Akta kelahiran   |   07:00 . 3 Minuman yang Perlu Dibatasi Pemberiannya pada Balita   |   13:00 . Akhir Tahun, 92,07 Persen Anak di Tuban Sudah Memiliki Akta kelahiran   |   12:00 . Razia, Satpol PP Temukan Miras di Tempat Penyimpanan Padi   |   11:00 . Para Hafidz Terima Insentif dari Kemenag Jatim   |   10:00 . KPU Tuban Juara 3 Kategori Daftar Pemilih Berkualitas se-Jatim   |   09:00 . Diduga Tersambar Petir, Tower di Tuban Terbakar   |   08:00 . Akhir Tahun, 192 Hektar Lahan Pertanian Diajukan Klaim AUTP   |  
Fri, 06 December 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 28 October 2019 14:00

Kasus Pembuangan Limbah B3 di Desa Sumberagung

Fokus Pemulihan Bukan ke Pembuang Limbah B3 Plumpang Tuban

Fokus Pemulihan Bukan ke Pembuang Limbah B3 Plumpang Tuban Kepala DLH Tuban, Bambang Irawan

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Perkembangan terbaru kasus pembuangan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, bahwa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) fokus ke pemulihan. Sementara oknum pembuang limbah tidak menjadi perhatian utama.

Kepala DLH Tuban, Bambang Irawan menegaskan kasus limbah B3 di Plumpang cukup rumit karena menyangkut pihak non lembaga. Oleh karena itu, pihaknya kesulitan untuk mengetahui siapa yang membuang.

"Jadi sekarang ini kita fokusnya ke pemulihan. Perlakuan limbah B3 ini berbeda dengan yang lainnya," kata Bambang Irawan kepada reporter blokTuban.com di kantor Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Senin (28/10/2019).

Bambang menambahkan, karena ada beberapa lokasi buangan limbah B3 kemarin pihak Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta Perhutani untuk melakukan pemulihan terhadap limbah diwilayahnya.

Sedang yang dipemukiman, KLHK juga telah meminta hal serupa pihak Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Begitupula di tepi jalan, DLH terus koordinasi dengan KLHK karena limbah tersebut tidak bisa langsung diangkat maupun dibuang.

"Yang jelas karakteristik limbah B3nya sudah jelas karena sudah ada korban. Dampak limbah itu panas saja," tegasnya.

Sebelumnya DLH telah mengambil sampel limbah, kemudian diuji di laboratorium. Hasilnya memang limbah tersebut tergolong B3 karena ada unsur panasnya.

Temuan ini langsung menjadi perhatian kabupaten, karena ada dua anak yang kulitnya terbakar setelah terkena limbah berupa abu panas. Salah satu korban bernama Ahmad Dani siswa kelas 5 SDN Sumberagung 1 kabarnya dirujuk ke RS Surabaya untuk mendapat perawatan lanjutan.

Keberadaan limbah abu panas di wilayahnya dibenarkan Kepala Desa Sumberagung, Sunarto. Data terakhir, buangan limbah tersebar di tiga titik. Dua di Dusun Sundulan dekat pemukiman, dan satu gundukan limbah di Dusun Ngembes sekitar hutan. [ali/lis]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Limbah, B3



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more