Cuaca Panas, Puluhan Ayam Potong Milik Peternak Widengan Mendadak Mati

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Cuaca panas yang melanda wilayah Kabupaten Tuban mengakibatkan peternak ayam potong di Kelurahan Widengan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban terancam merugi.

Mereka terancam merugi lantaran cuaca panas yang beberapa hari ini melanda wilayah Tuban mengakibatkan puluhan ayam potong mendadak mati. Peternak mengklaim, matinya puluhan ayam potong itu bukan karena terkena penyakit melainkan karena faktor cuaca.

"Biasanya dalam sehari paling tidak hanya mati 7-8 ekor ayam. Nah sekarang dengan cuaca panas ini dalam sehari mati sampai 25 ekor, kalau begini terus bisa rugi," kata salah satu Anak Kandang, Joyo Waras saat ditemui blokTuban.com, Senin (28/10/2019).

Joyo menambahkan, matinya puluhan ayam potong yang dirawatnya ini tidak ada tanda-tanda terserang penyakit. Bahkan, beberapa ayam potong ini kondisinya nampak normal saat pagi hari, kemudian mendadak mati di siang harinya.

"Kebanyakan ayam potong ini mati antara pukul 11.00 WIB sampai sekitar pukul 14.00 WIB pas itu cuacanya panas," tandas Joyo.

Adapun upaya yang selama ini dilakukan oleh peternak agar pada cuaca panas ini tidak membuat ayam potongnya mati mendadak. Mereka juga telah melakukan penyemprotan air rutin serta memberikan vaksin.

"Satu minggu lagi ayam ini sudah panen, semoga tidak mati mendadak dengan jumlah yang banyak seperti ini," pungkasnya.

Diungkapkan Joyo, jika satu kandang yang dirawatnya ini berisi kurang lebih 2500 ayam potong dengan umur ayam hampir panen. Adapun dari jumlah tersebut sudah ada sekitar 400 ayam potong yang mati mendadak.[hud/ito]