Jadi  Tuan Rumah, Pemkab Tuban Glontorkan Anggaran Rp6,3 M untuk MTQ

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bumi Wali sebutan lain Kabupaten Tuban tahun ini menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 tingkat Provinsi Jawa Timur. Adapun pembukaan kegiatan itu dilaksanakan (26/10/2019) di Alun-Alun Tuban. 

Dalam rangka mensukseskan acara yang mulai 24 Oktober sampai 2 November 2019 tersebut, Pemkab Tuban menggelontorkan dana sekitar Rp6,3 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tuban. 

“Anggaran sekitar Rp6,3 miliar dari Pemkab, dan dari Provinsi juga ada tetapi besarnya belum tahu,” ungkap Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Kamis (24/10/2019).

Wabup mejelaskan, dana tersebut paling besar digunakan untuk akomodasi, pembukaan acara, dan penutupan. Sebab, di dalam pembukaan acara tersebut ada beberapa hiburan, seperti band, kembang api, dan lainnya. 

“Paling besar anggaran digunakan untuk akomodasi, acara pembukaan dan penutupan,” tandas Wabup dua periode tersebut.

Selanjutnya, masih kata Wabup dana itu juga digunakan untuk akomodasi mobil buat kafilah MTQ di masing-masing Kabupaten atau Kota. Tujuan disediakan mobil agar meraka datang ke lokasi perlombaan tepat waktu.

“Masing-masing kafilah disediakan dua mobil sekelas Inova, tujuannya untuk memastikan mereka datang ke perlombaan tepat waktu,” imbuh Wabup.

Sejauh ini, Pemkab Tuban telah melakukan beberapa persiapan untuk suksesnya kegiatan tersebut. Termasuk rangkaian pembukaan dan penutupan dalam acara itu.[hud/lis]