Dishub Persiapkan Arus Khusus untuk Kelancaran MTQ Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Guna memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan maupun pengunjung saat Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ),  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban, akan memberlakukan arus khusus (rekayasa lalulintas) di sejumlah jalur seputaran kota, selama rangkaian pelaksanaan MTQ yang berlangsung di Kabupaten Tuban mulai pekan ini.

Pemberlakuan rekayasa lalulintas tersebut sudah dirapatkan Dinas Perhubungan Tuban bersama Forum lalulintas yang melibatkan sejumlah pihak diantaranya Satpol PP, Kepolisian Lalulintas, TNI termasuk Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, serta beberapa instansi terkait lainya.

“Rekayasa lalulintas sebagaimana hasil rapat dengan kepolisian maupun instansi terkait kemarin di Kantor Dishub, akan kami berlakukan selama rangkaian kegiatan, salah satunya pada saat kirab kendaraan hias pada Tanggal 26 Oktober 2019,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, Muji Slamet. 

Lebih lanjut, menurut Kepala Dinas Perhubungan itu, saat pelaksanaan kirab kendaraan hias, Jalur Basuki Rahmad, Jalan Sunan Kali Jogo akan ditutup untuk umum, hingga pelaksanaan kegiatan selesai. Penutupan akan dimulai dari simpang tiga Bank Jatim hingga finish di Jalan Teuku Umar Tuban. Dari Simpang tiga bank jatim, arus kendaraan akan diarahkan ke Jalan Brawijaya (ke selatan).

“Sementara untuk sejumlah krosing yang ada di sepanjang jalur kirab akan dijaga oleh petugas lalulintas Polres Tuban maupun Dinas Perhubungan, kendaraan yang akan krosing akan diatur  petugas yang berjaga di lokasi,”  lanjut Muji. 

Selanjutnya mulai tangal 25 Oktober jam 21.00 WIB sampai 26 Oktober 2019 Jam 23.00 Becak yang biasanya beroperasi di Jalan KH Mustain dan Jalan Sunan Bonang akan di sterilkan, termasuk pedagang kakilima yang beroperasi di Jalan RA Kartini dan Jalan Veteran.

“Penerapan ini untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan MTQ berjalan dengan lancar. Mohon dukungan seluruh masyarakat Tuban dan pengguna jalan agar memaklumi dan menaati lalulintas,” imbuh Kepala Dinas. 

Pada saat pelaksanaan upacara pembukaan MTQ, Dinas Perhubungan menyiapkan sejumlah lahan parkir tidak jauh dari pendopo dan alun alun, yakni parkir VIP, berada di halaman Pendopo Tuban, parkir Undangan OPD di halaman kantor Pemda Tuban, Kendaraan pengangkut Kafilah akan ditempatkan di sepanjang Jalan Veteran dan KH Mustain.

“Khusus pengunjung, dan lainnya akan kami tempatkan kantong parkirnya di Pantai Boom, serta beberapa Jalan tidak jauh dari pusat kegiatan,” pungkasnya.  [hud/adv]