19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

SI Ajak Stakeholder Tuban Tukar Pengetahuan di BUMDes Beromset Rp5,4 Miliar

bloktuban.com | Monday, 21 October 2019 18:00

SI Ajak Stakeholder Tuban Tukar Pengetahuan di BUMDes Beromset Rp5,4 Miliar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban berupaya mendorong kemandirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Tuban, khususnya pada wilayah yang berada di sekitar operasional Semen Indonesia di Tuban.

Salah satu upaya perusahaan milik negara ini demi mendorong kemandirian desa, yaitu dengan mengajak stakeholder melakukan study exchange atau pertukaran pengetahuan di Bumdes Panggung Lestari, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 19-20 Oktober 2019 tersebut harapannya dapat memberikan wawasan serta motivasi agar peserta dapat tergugah untuk lebih menggali potensi yang ada di daerahnya dan dikembangkan melalui BUMDes masing-masing.

Senior Manager of Public Relation & CSR, Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan study exchange atau pertukaran pengetahuan berdasar referensi praktek terbaik tata kelola Bumdes Panggung Lestari ini merupakan bagian dari agenda Stakeholder Meeting di periode 2019. Para pemangku kepentingan diajak untuk belajar bersama tentang tata kelola BUMDes.

Menurutnya, pemilihan referensi dengan tujuan ke Bumdes Panggung Lestari adalah didasarkan atas pengalaman dan pencapaiannya yang mampu mengaktivasi 5 unit usaha dan beromzet sekitar 5,4 miliar rupiah pada tahun 2019, dan ditargetkan naik 100% atau sekitar 10 miliar rupiah pada tahun 2020.

“Harapannya, melalui pertukaran pengetahuan ini, pemerintah desa dan kecamatan di area pengembangan perusahaan semakin termotivasi untuk mengembangkan BUMDes sebagai sumber kekuatan dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut selain study exchange juga dilaksanakan evaluasi program Corporate Social Responsibility (CSR). Menurut Setyawan, program CSR Semen Indonesia tahun 2019 senantiasa bekerjasama dan bersinergi dengan pemangku kepentingan, utamanya dari elemen pemerintahan.

“Melalui forum ini juga dapat menjadi sarana untuk mensosialisasikan tata kelola program CSR tahun 2020, sekaligus evaluasi pelaksanaan program CSR di tahun 2019 secara partisipatif. Tak kalah penting, pertemuan ini juga berfungsi untuk merumuskan strategi mitigasi resiko dan pengembangan masyarakat berdasar identifikasi isu-isu yang berkembang di area pengembangan perusahaan,” terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban, Endang Trimedia yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan para pemangku kepentingan diharapkan mampu meniru atau menyerap ilmu kepada Bumdes yang telah berhasil ini. Sehingga, dapat diterapkan di Kabupaten Tuban.

“Untuk mencapai keberhasilan itu pertamanya dilakukan dengan perjuangan yang berdarah-darah. Untuk itu mari kita bersama-sama mendorong Tuban lebih maju. Dan kita yakin bahwa kita mampu,” pungkasnya. [ali/ito]

Tag : semen, indonesia, tbk, si



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more