12:00 . Kecelakaan di Pakah-Soko, Pemotor Meninggal, Mobil Pengisi ATM Terbalik   |   11:00 . Jalan Pantura Ditanami Pisang   |   08:00 . Pekerja Industri Mulai Donorkan Plasma Konvalesen di PMI   |   07:00 . Usai Divaksin, Bisakah Penerima Tularkan Covid-19??   |   17:00 . 6 Jenis Pohon Ini Ditanam di Pantai Semilir   |   16:00 . Tak Segan Putus Kontrak Supplier Jika Pasok Beras BPNT Jelek   |   15:00 . Tiga Bulan Pertama 2021, BMKG Ingatkan Ada Multi Resiko Bencana   |   11:00 . Kepergok Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Push Up   |   07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |   11:00 . Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos   |   10:00 . Dukung Penunjukan Calon Kapolri, FKUB Tuban: Ini Wujud Kebhinekaan di Indonesia   |  
Mon, 18 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

SI Ajak Stakeholder Tuban Tukar Pengetahuan di BUMDes Beromset Rp5,4 Miliar

bloktuban.com | Monday, 21 October 2019 18:00

SI Ajak Stakeholder Tuban Tukar Pengetahuan di BUMDes Beromset Rp5,4 Miliar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban berupaya mendorong kemandirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Tuban, khususnya pada wilayah yang berada di sekitar operasional Semen Indonesia di Tuban.

Salah satu upaya perusahaan milik negara ini demi mendorong kemandirian desa, yaitu dengan mengajak stakeholder melakukan study exchange atau pertukaran pengetahuan di Bumdes Panggung Lestari, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 19-20 Oktober 2019 tersebut harapannya dapat memberikan wawasan serta motivasi agar peserta dapat tergugah untuk lebih menggali potensi yang ada di daerahnya dan dikembangkan melalui BUMDes masing-masing.

Senior Manager of Public Relation & CSR, Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan study exchange atau pertukaran pengetahuan berdasar referensi praktek terbaik tata kelola Bumdes Panggung Lestari ini merupakan bagian dari agenda Stakeholder Meeting di periode 2019. Para pemangku kepentingan diajak untuk belajar bersama tentang tata kelola BUMDes.

Menurutnya, pemilihan referensi dengan tujuan ke Bumdes Panggung Lestari adalah didasarkan atas pengalaman dan pencapaiannya yang mampu mengaktivasi 5 unit usaha dan beromzet sekitar 5,4 miliar rupiah pada tahun 2019, dan ditargetkan naik 100% atau sekitar 10 miliar rupiah pada tahun 2020.

“Harapannya, melalui pertukaran pengetahuan ini, pemerintah desa dan kecamatan di area pengembangan perusahaan semakin termotivasi untuk mengembangkan BUMDes sebagai sumber kekuatan dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut selain study exchange juga dilaksanakan evaluasi program Corporate Social Responsibility (CSR). Menurut Setyawan, program CSR Semen Indonesia tahun 2019 senantiasa bekerjasama dan bersinergi dengan pemangku kepentingan, utamanya dari elemen pemerintahan.

“Melalui forum ini juga dapat menjadi sarana untuk mensosialisasikan tata kelola program CSR tahun 2020, sekaligus evaluasi pelaksanaan program CSR di tahun 2019 secara partisipatif. Tak kalah penting, pertemuan ini juga berfungsi untuk merumuskan strategi mitigasi resiko dan pengembangan masyarakat berdasar identifikasi isu-isu yang berkembang di area pengembangan perusahaan,” terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban, Endang Trimedia yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan para pemangku kepentingan diharapkan mampu meniru atau menyerap ilmu kepada Bumdes yang telah berhasil ini. Sehingga, dapat diterapkan di Kabupaten Tuban.

“Untuk mencapai keberhasilan itu pertamanya dilakukan dengan perjuangan yang berdarah-darah. Untuk itu mari kita bersama-sama mendorong Tuban lebih maju. Dan kita yakin bahwa kita mampu,” pungkasnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : semen, indonesia, tbk, si



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more