Kejuaraan Piala Bupati Pagar Nusa Diikuti 350 Atlet

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pimpinan Cabang Pencak Silat Pagar Nusa (PN) Kabupaten Tuban menggelar Kejuaraan Pagar Nusa Piala Bupati Tahun 2019 di Lapangan Tenis Indoor Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Tuban.

Kejuaraan yang dibuka langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda tersebut diikuti sebanyak 350 atlet, baik dari seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) di Tuban maupun luar Kabupaten Tuban.

Dalam sambutanya, Bupati Tuban H. Fathul Huda mengaku bangga dengan pencak silat Pagar Nusa. Pasalnya, pencak silat Banom NU ini merupakan olahraga yang banyak nilai positifnya, seperti halnya manfaat lahir dan batin.

"Saya bangga dengan terselenggaranya Kejuaraan Piala Bupati ini. Semoga ajang kejuaraan ini bisa melahirkan atlet-atlet yang terbaik," terang Bupati Tuban dalam sambutanya, Jumat (18/10/2019).

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tuban H. Faisol Rozi mengaku, sangat bangga dengan Pimpinan Cabang PN Tuban yang getol dalam mencari bibit-bibit atlet terbaik dan profesional. Seperti halnya, Kejuaraan Piala Bupati ini.

"Saya memberikan apresiasi kepada Pimpinan Cabang PN Tuban yang telah menggelar kejuaraan ini. Mudah mudahan dengan kejuaraan ini tumbuh atlet-atlet yang menjuaraai kejuaraan tingkat regional, nasional maupun internasional," terang H. Faisol.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua PC Pagar Nusa Tuban, M. Abdul Mujib. Menurutnya, pada Kejuaraan Piala Bupati perdana di Kabupaten Tuban ini, pesertanya sangat luar biasa. 

Pasalnya, selain diikuti atlet dari Kabupaten Tuban kejuaraan ini juga diikuti dari kabupaten tetangga, seperti Bojonegoro, Lamongan, Jombang dan Rembang. 

"Ada 350 peserta yang mengikuti Kejuaraan Piala Bupati ini baik dari PAC Pagar Nusa Tuban serta dari kabupaten tetangga," kata Mujib.

Lebih lanjut, menjelaskan tujuan diselenggarakanya kejuaraan ini adalah murni untuk mencari bibit-bibit atlet handal dan profesional. Sehingga, pasca kejuaraan ini atlet yang berprestasi akan diorbitkan ditingkat provinsi.

"Jadi ke depan, Pagar Nusa mempunyai progres bidang keatletan. Sehingga atlet yang berprestasi dalam kejuaraan ini akan diorbitkan dikejuaraan ditingkat yang lebih tinggi," pungkasnya.[hud/lis]