11:00 . Mayat Perempuan Sebatang Kara Ditemukan Meninggal di Dalam Rumah   |   10:00 . Mengintip Skenario New Normal SIG Pabrik Tuban   |   09:00 . Biaya Perawatan Satu Pasien Corona di Tuban Minim Rp50 Juta   |   08:00 . Selamat Datang Peradaban Baru   |   07:00 . Trik Kuatkan Imunitas Anak di Tengah Pandemi   |   20:00 . Pasien Positif Corona ke-44 Tuban Meninggal, Lama Sakit Jantung dan Kelainan Ginjal   |   19:00 . DPR Apresiasi Program Kampung Tangguh Hadapi New Normal   |   18:00 . Pulang Mancing, Dua Orang Tenggelam Saat Seberangi Kanal PLTU, Satu Selamat   |   11:00 . Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Sampai Batas Waktu yang Belum Ditentukan   |   10:00 . Wisatawan Betah Tinggal di Tuban Hanya 1,7 Jam   |   09:00 . Pelaku Seni Budaya Tumbuh dari 712 Menjadi 2.892 Orang   |   08:00 . 66 UPZ Baznas Kumpulkan ZIS Rp 1,2 Miliar   |   07:00 . Pahami 4 Tanda Kekebalan Tubuh Sedang Melemah   |   20:00 . Menuju New Normal, Corona di Tuban Bertambah Jadi 43 Kasus Positif   |   19:00 . PBG Tuban: Kembangkan Inovasi, Lahirkan Prestasi   |  
Sun, 31 May 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 18 October 2019 08:00

Sumur Keramat Bejagung Lor Dibersihkan

Hanya 'Tali Aris' yang Boleh Turun Ke Dasar Sumur

Hanya 'Tali Aris' yang Boleh Turun Ke Dasar Sumur

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sumur keramat di kompleks makam Sunan Asy'ari atau Sunan Bejagung Lor di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dibersihkan.

Tradisi tersebut, hingga kini masih terus dijaga oleh masyarakat di desa setempat. Kegiatan nguras sumur tersebut diselenggarakan dua tahun sekali.

Selain membersihkan sumur keramat peninggalan waliyullah itu, dalam tradisi yang sudah turun temurun itu juga digelar tumpengan dan dawetan di area sumur. Dawetan dilaksanakan bersama masyarakat di area sumur keramat pasca sumur dibersihkan.

Kepala Desa (Kades) Bejagung, Aang Sutan Manuhutung Rahman Siregar mengatakan, jika tradisi membersihkan sumur Bejagung yang kedalamannya mencapai sekitar 35 meter ini sudah diselenggarakan sudah ratusan tahun lalu. 

"Tradisi ini setiap dua tahun sekali. Selain membersihkan sumur nanti juga diadakan bancakan dan dawetan di area sumur ini," ujar Aang di lokasi, Jumat (18/10/2019).

Aang menuturkan, jika ritual membersihkan sumur keramat ini dari dulu hingga sekarang dilakukan oleh keluarga tertentu atau ahli waris (Tali Aris) dari Mbah Pamor yang merupakan pembuat sumur sekaligus santri dari Sunan Bejagung Lor.

"Untuk menjaga tradisi, yang boleh masuk untuk membersihkan sumur ini adalah Tali Aris atau keturunan Mbah Pamor, dan saya sudah tiga kali ini membersihkan sumur ini," imbuh Kades.

Kades juga menambahkan, jika selama ini dalam sehari terdapat puluhan hingga ratusan peziarah makam Sunan Bejagung Lor yang mengambil air dari sumur keramat ini dengan memberikan uang seikhlasnya. Diyakini, air dari sumur Bejagung Lor ini dapat menyembuhkan segala macam penyakit. 

"Setiap hari ada puluhan bahkan sampai ratusan peziarah yang ambil air berkhasiat dari sumur ini," katanya.

Oleh sebab itu, pemdes Bejagung serta penjaga sumur berkomitmen menjaga keyakinan para peziarah, bahwa air ini diambil langsung dari sumur keramat ini dengan memperlihatkan langsung kepada peziarah saat pengambilan air dari dalam sumur.[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sumurbejagung, sunanbejgunglos, keramat



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more