Canangkan Wisata Eco Green, Desa Ini Jadi Sasaran Study Banding

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pencanangan wisata eco green yang ada di Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, lebih tepatnya di lingkungan RT 07 RW 02 Dusun Pagak, bukan hanya soal semangat berlomba dan bersaing dengan wilayah lain dalam kebersihan lingkungan.

Namun lebih dari itu, warga setempat yang punya semangat dalam menyikapi keadaan lingkungan, menuai buah manis hingga menjadi teladan lingkungan maupun desa lain. Bahkan, sudah ada sejemlah wilayah baik desa dari dalam maupun luar kecamatan yang singgah serta belajar bagaimana proses bentukan lingkungan hijau bertajuk Eco Green Pagak Semarak.

"Sudah ada tamu yang study banding. Ada dari Parengan, PKK Tasik Madu, PKK Sumberagung Plumpang, Bojonegoro juga beberapa lokasi," terang Ketua PKK Kecamatan Soko, Ani Suwito kepada blokTuban.com, Rabu (16/10/2019).

Jadwal kunjungan PKK desa lain, sambungnya, juga telah menyusul. Ada juga PKK Sidoarjo Kerek yang sudah berencana study banding, namun sebab banyaknya sejumlah agenda lomba kebersihan lingkungan pula, terpaksa rencana kunjungan diantrekan.

Lebih lanjut, kawasan RT 07 RW 02 Pagak Semarak melalui PKK Desa Pandanagung yang dibimbing oleh PKK Kecamatan Soko bakal menyiapkan tim khusus. Penataan administrasi per bagian, seperti tim pengembangan produksi, bagian promosi, pengembangan SDM, serta aspek lain yang gunanya menunjang aset calon wisata desa.

"Kedepan lebih kita tata lagi lebih baik, untuk menyiapkan desa wisata berbasis edukasi," pungkasnya. [feb/col]