18:00 . Kuasa Hukum Terduga Korupsi BPNT Keberatan Pernyataan Bupati   |   17:00 . Peduli Pesantren, TPPI Sumbang 3.000 Masker dan Alat Penunjang Tatanan Hidup Baru   |   15:00 . Bupati Isyaratkan Pembatasan Santri di Ponpes   |   14:00 . Desa Wajib Miliki Peta Kerawanan Bencana   |   12:00 . Dampak Covid-19, Pelaksanan Ujian Perangkat Desa Belum Pasti   |   11:00 . Kemenag Keluarkan Panduan Salat Idul Adha   |   10:00 . Bupati Sebut Tak Ada Mafia Pupuk   |   09:00 . 7.255 Petani Tuban Telah Mengambil KUR Tani BNI, Ini Keuntungannya   |   07:00 . 5 Tips Sukses Wawancara Kerja setelah Kamu Kena PHK   |   18:00 . Lahir 1 Juli, 28 Pemohon Dapatkan SIM Gratis   |   16:00 . DPRD Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019   |   14:00 . Jelang Idul Adha, Kemenag Keluarkan Tata Cara dan Penyembelihan Kurban   |   13:00 . Ahli Bikin Quote Patah Hati, Gadis Absurd Tuban Idolakan Fiersa Besari   |   12:00 . Mengenal Basuki Rahmat, Kurir dan Saksi Penandatanganan Supersemar Asal Tuban   |   11:00 . Bupati Yakin Sekdes Cepokorejo Bakal Masuk Bui   |  
Thu, 02 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 11 October 2019 16:00

Wabup Harapkan Festival Kampung Salak Masuk Agenda Disparbudpora

Wabup Harapkan Festival Kampung Salak Masuk Agenda Disparbudpora

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Gelaran kirab budaya bertajuk Nadung Donga dalam event Festival Kampung Salak Rengel, diharapkan Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Bahar Hussein agar masuk daftar agenda Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban.

Hal itu diungkap Wabup di tengah pembukaan acara Pawai Budaya. Pihaknya mengharapkan agar runtutan agenda seni dan kebudayaan yang dikerucutkan dalam wadah Festival Kampung Salak ini menjadi agenda tahunan.

"Saya mohon acara ini didaftarkan di Disparbudpora untuk dicatat sebgai agenda tahunan," pinta Wabup kepada segenap warga di Karang Tengah Desa Rengel, khusus lagi para penggagas dan panitia kegiatan, Jumat (11/10/2019).

Wabup mengharapkan agar agenda ini menjadi catatan rutin. Untuk kemudian diinformasikan serta disemarakkan kepada warga umum yang ada di Kabupaten Tuban, juga wilayah kota lain seperti Gresik, Lamongan, hingga kota daerah tetangga di Jawa Tengah.

Sebagai sarana peningkatan potensi lokal khususnya Desa Rengel, umumnya Kabupaten Tuban, namun juga memberi peluang usaha dan sarana kreativitas bagi masyarakat setempat.

Mengingat lagi, kirab budaya dengan tema Nadong Dongo juga menjadi cerminan kebhinekaan. Dimana berbagai latar belakang masyarakat bebaur jadi satu, seperti yang ditampilkan oleh Simfoni Harmoni yang menyanyikan lagu Indonesia pusaka menggambarkan kebhinekaan mutlak masyarakat masyarakat Desa Rengel.

"Harapan saya, ke depan acara ini akan lebih sukses, lebih besar, dan lebih meriah," tukas Wabup.

Dalam event itu, Wabup juga sempat ikut berjalan mengisi barisan kirab bersama Camat Rengel, Kapolsek Rengel, berikut Danramil Rengel. Komunitas seni dan budaya, barisan Pantomim, Pataka dan Megalaman, komunitas Gym, Jedor, pasukan Permadani, dan barisan tim Gereja ikut menyemarakkan kirab sepanjang jalanan Karang Tengah.

Pada malam hari, hiburan masyarakat tampilan musik Etnik Arab dari grup Debu bakal melengkapi kemeriahan Kirab Budaya Festival Kampung Salak Rengel. 

"Untuk mengangkat lagu budaya yang ada di Desa Rengel beserta kearifan lokalnya. Masyarakat diharapkan bisa lebih berdaya dengan pengangkatan budaya ini, juga sebagai pengangkatan ekonomi bidang Salak Rengel," papar Ketua Kegiatan pawai dan kirab Budaya Festival Kampung Salak, Mudzir kepada blokTuban.com. [feb/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Festival, salak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more