Gandeng Tokopedia, Promosikan Produk BUMDes Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban nampak serius mengembangkan jaringan market bagi produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Salah satunya menggandeng pihak Tokopedia.

Langkah awal penjajakan pun telah dilakukan pada Kamis (10/10/2019). Bertempat di Balai Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dippemas KB) Tuban dan Tokopedia melihat produk BUMDes setempat.

Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim menerima kunjungan dari tim Dipemas KB Tuban dan Tokopedia Jakarta. Ini adalah langkah awal dari penjajakan kerjasama antara BUMDes dengan Tokopedia dalam rangka kerjasama pemasaran produk BUMDes Socorejo.

"Harapannya dengan semakin mudahnya proses pemasaran dan penjualan produk lokal masyarakat Socorejo, bisa meningkatkan ekonomi warga dan mensejahterakan masyarakat. Sudah saatnya BUMDes mendunia," kata Kades Arief ketika dihubungi reporter blokTuban.com.

Beberapa produk BUMDes Socorejo yang siap dipasarkan yaitu, produk pangan berbahan dasar ikan, Bubu alat tangkap rajungan, dan produk masyarakat dari olahan ketela hingga pisang.

Dijelaskan Kang Arief bahwa pertemuan ini masih langkah awal penjajakan, kedepan masih banyak tahapan lagi. Jaringan ke Tokopedia ini merupakan terobosan dari Dippemas KB Tuban, untuk mendongkrak potensi BUMDes di 20 kecamatan.

"Selain BUMDes Socorejo, produk BUMDes lainnya yang potensial juga akan dipasarkan," terangnya.

Kepala Dippemas dan KB Tuban, Mahmudi saat dihubungi belum bisa menjelaskan detail soal konsep kerjasama dengan Tokopedia Jakarta tersebut. Karena pihaknya masih rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

"Maaf mas, masih rapat dengan dewan," tutup Mahmudi.[ali/dy]