14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   15:00 . Razia Warung, Satpol PP Amankan Puluhan Botol Miras   |   14:00 . Hari Ini, Listrik di Wilayah Tuban Bagian Timur Padam   |   10:00 . Tiger Guard Dropping Air Bersih   |   09:00 . Hadapi Industri 4.0 Karang Taruna Bangilan Gelar Internet Merketing Digipreneurship   |   08:00 . Setiajit: Pelayanan Publik Harusnya Dihadirkan di Car Free Day    |   07:00 . Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya   |   13:00 . Inilah Maksud 9 Bhakti Bagi Jawa Timur   |   12:00 . 11 Kecamatan Sudah Ada Taman Baca   |   11:00 . Bupati Tuban Minta ASN Ikut Jaga Stabilitas Keamanan   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 October 2019 16:00

Upaya Simpan Cadangan Air Melalui Pohon Pule

Upaya Simpan Cadangan Air Melalui Pohon Pule

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Cadangan sumber mata air yang ada di Kabupaten Tuban cukup melimpah. Kendati demikian, pada masa tertentu seperti musim kemarau, cadangan air dalam bumi menyusut drastis. Pada periode inilah upaya penyimpanan cadangan air harus dioptimalkan oleh seluruh masyarakat. Baik oleh pemerintah kabupaten, kecamatan, hingga lingkungan desa.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di Desa Jetak, Kecamatan Montong. Tepatnya di area hutan Dusun Kerokan, atau sekitar pengelolaan air kawasan Bongok.

"Ada penanaman pohon Pule, yang salah satu fungsinya untuk serapan cadangan air ketika musim kemarau," papar Hirsan kepada blokTuban.com.

Lelaki yang juga sebagai juru kunci wilayah situs budaya Mbah Bongok tersebut menambahkan, penanaman pohon jenis Pulai Pandak bernama latin Rauwolfia Serpentina, namun sering dikenal masyarakat umum dengan Pohon Pule, bekerjasama dengan KPH Tuban.

KPH Tuban sebagai pengelola hutan lestari, disamping menggiatkan penanaman Pohon Pule karena keberadaannya sudah mulai sulit ditemui, menyelamatkan spesial tanaman langka, tapi juga sebagai media saving environment unsur air dalam bumi.

"Tidak hanya ditanam, kemudian dibiarkan. Tapi, setiap hari juga harus dikontrol, disiram air supaya tumbuh dengan baik dan gak layu. Pohon ini juga program pelestarian tanaman yang hampir punah," tambahnya.

Paham masyarakat tentang keberlangsungan hidup pohon yang menyandang jenis tumbuhan langka dan dilindungi dikawsan hutan berdasarkan Convention on International Trade in Endengered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), terus dipupuk sebab menyangkut keberlangsungan hidup manusia sekitarnya.

"Kedepan, setelah adanya tanaman Pohon Pule yang dihidupkan, bisa menjaga stabil air dan menjaga lingkungan," pungkasnya. [feb/ito]

Tag : pule, pohon, cadangan, air

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more